Kunjungan Panglima Militer AS ke Indonesia Jelang Pertemuan Jokowi-XI Jinping, Agenda Tandingan?

Kedatangan pemimpin tertinggi militer AS tersebut ke Indonesia menjelang pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden China XI Jinping.

TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN
Panglima Militer AS General Mark A. Milley (baju loreng abu-abu) berkunjung ke Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022). Dalam kunjungan tersebut Panglima Militer AS disambut Panglima TNI Jend. TNI. Andika Perkasa, mereka bicarakan tentang latihan perang antara militer AS dengan TNI. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin tertinggi Militer AS yakni US Chaiman of The Joint Chief of Staff Jenderal Mark A. Milley bertemu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

Kedatangan pemimpin tertinggi militer AS tersebut ke Indonesia menjelang pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden China XI Jinping di Beijing pada Selasa (26/7/2022) besok.

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan bahwa kunjungan Kepala Staf Militer AS ke Indonesia bukan sebagai agenda tandingan pertemuan Jokowi dengan XI Jinping

Pertemuan kedua pemimpin militer kata Moeldoko merupakan hal yang biasa dan wajar.

“Itu hal yang biasa, forum-forum people to people, pertemuan antar-panglima itu hal yang wajar Karena di situ perlunya memperkuat komunikasi sehingga persahabatan itu dari waktu ke waktu semakin baik,” kata Moeldoko di Bina Graha, Jakarta, Senin, (25/7/2022).

Kunjungan panglima militer ke sebuah negara kata Moeldoko biasanya untuk bertukar pikiran. Selain itu untuk mencari tahu sikap sebuah negara terhadap situasi di kawasan.

“Untuk mendelivery 'kami inginnya begini' itu biasa kita lakukan seperti itu agar negara lain juga paham bahwa Indonesia punya sikap dalam melihat situasi lingkungan seperti apa. Itu biasa kita lakukan seperti itu,” pungkasnya.

Baca juga: Fakta Temuan 1 Kontainer Senjata Militer AS di Lampung: Sempat Disegel Ternyata untuk Latihan TNI

Sebelumnya Jenderal Mark A Milley bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin.

Kunjungan Milley ke Jakarta ini dalam rangka safari ke kawasan Indo-Pasifik.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved