Usahakan Tak Terulang, Pemerintah Klaim Penanggulangan Kebakaran Hutan Baik Lima Tahun Terakhir

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan dalam lima tahun terakhir penanggulangan karhutla berjalan baik

Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis (28/7/2022), usai melakukan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2022. 

Laporan wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan dalam lima tahun terakhir penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berjalan baik.

Selain asap dan area kebakaran, penyakit ISPA juga dikatakan Mahfud terus menurun.

Hal ini diijelaskan Mahfud dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis (28/7/2022), usai melakukan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2022.

Penanggulangan ini, jelas Mahfud, akan terus pemerintah lakukan agar peristiwa kebakaran dan kabut asap yang sempat terjadi beberapa tahun lalu tidak terulang kembali. 

"Tadi sudah disepakati seperti adanya water boombing, kemudiam heli, mobil, perahu yang diperlukan, sudah disiapkan semuanya dan inshaallah sampai hari ini kita sudah mempersiapkannya dengan baik," ujarnya.

"Kita sudah mengidentifikasi tempat-tempat yang agak rawan dan kapan kerawanan itu terjadi, misalnya nanti pada bulan Agustus September, itu sudah agak meninggi kerawanan, itu kita sudah identifikasi. Waktu, tempat, dan peralatannya serta personelnya (sudah dipersiapkan)," tambah Mahfud. 

Mahfud juga menegaskan pemerintahakan selalu berupaya untuk menjaga kinerja penanggulangan ini agar kebakaran hutan yang siginifikan, besar, apalagi mengakibatkan adanya pencemaran asap lintas batas tidak terjadi lagi. 

"Jadi yang terus menerus dilakukan adalah meningkatkan upaya-upaya solusi permanen sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Kita terus meningkatkan analisa cuaca, karena kita perlu tahu masa-masa di mana kondisi kritis, kondisi kering yang harus kita selaku siap siaga,"

Baca juga: 3 Hektar Lahan Terbakar di Aceh Selatan, BPBD Telusuri Pemicu Kebakaran Hutan

Dalam melakukan upaya-upaya pengendalian di lapangan, patroli darat terus dilakukan pemerintah dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, masyarakat, TNI Polri untuk melakukan pencegahan-pencegahan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved