Polisi Tembak Polisi

Putri Candrawathi Muncul ke Publik, Komnas HAM Berkomentar, Singgung soal Pemeriksaan Psikolog Lain

Apabila Putri Candrawathi belum juga bisa datang untuk memenuhi pemeriksaan, maka Komnas HAM akan mempertimbangkan pemeriksaan pada psikolog lain

Foto Via Tribun Medan
Putri Candrawathi Istri Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto: twitter) 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, turut memberikan komentar terkait kemunculan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, ke publik.

Pada Minggu (7/8/2022) sore, Putri Candrawathi mendatangi Mako Brimob untuk menjenguk Ferdy Sambo yang ditempatkan di tempat khusus.

Ini adalah kemunculan perdana Putri Candrawathi sejak kasus tewasnya Brigadir Nofrianasyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Putri Cadrawathi sebelumnya hanya berada di rumah dan mengurung diri di kamar karena disebut masih trauma.

Mengomentari kemunculan Putri Candrawathi, Ahmad Taufan mengatakan hingga kini pihaknya tetap menunggu kabar dari psikolog klinis Putri Candrawathi.

Jika memang keadaan Putri Candrawathi sudah mulai membaik, pihaknya kan melakukan pemeriksaan kepada istri Ferdy Sambo itu.

Baca juga: Sosok Inisial D Diduga Ancam Bunuh Brigadir J, Kuasa Hukum: Dia Skuad Lama Ajudan Ferdy Sambo

"(Jika mengacu) standar HAM Internasional yang sudah diakomodasi dalam undang-undang TPKS, seseorang yang mengaku dirinya (korban), apalagi sudah mengadukan kasusnya, katanya dia mengalami pelecehan seksual kekerasan seksual, maka orang itu harus diasumsikan sebagai korban."

"(Kasus) ini berbeda dengan tindak pidana umum lain, itu kekhususan di dalam penanganan perkara tindak pidana kekerasan seksual," jelas Ahmad Taufan, dikutip dari Kompas Tv, Senin (8/8/2022).

Sehingga, Komnas HAM tetap akan menghormati hasil pemeriksaan daripada psikolog klinis.

"Karena itu, kita memang harus menghormati hak (korban) untuk didampingi (selama) proses hukum, (korban memiliki) hak untuk mendapatkan perawatan psikologis," jelas Ahmad Taufan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved