Polisi Tembak Polisi

Pengungkapan Kasus Brigadir J, PB HMI: Komitmen dan Konsistensi Penegakkan Hukum oleh Polri Diuji

Bendahara Umum PB HMI, Abdul Rabbi Syahrir mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Polri atas pengungkapan kematian Brigadir J.

Editor: Wahyu Aji
Kolase Tribunnews.com
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Irjen Ferdy Sambo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bendahara Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Abdul Rabbi Syahrir mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Polri atas langkah maju pengungkapan kasus kematian brigadir J.

Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari ketegasan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo dan kerja keras Inspektorat Khusus yang dibentuk Kapolri.

"Kami melihat dan menilai ini adalah pencapaian besar sekaligus ujian bagi komitmen dan konsistensi penegakkan hukum oleh institusi Polri, karena bagaimanapun pengungkapan kasus kematian Brigadir J ini seolah memberikan standar yang cukup tinggi dalam kerja-kerja penyidikan dan pengungkapan sebuah kasus pidana," kata Abdul Rabbi Syahrir kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Abdul Rabbi Syahrir menuturkan, dalam pengungkapan sebuah kasus pidana dengan metode science crime investigation harus menjadi agenda unggulan dan metode wajib dalam setiap penanganan kasus pidana lainnya. 

Hal ini diperlukan untuk menjawab rasa keadilan publik dan kepastian hukum di Negara Indonesia tercinta.

Mengingat masih banyak pekerjaan rumah dan/atau kasus lain yang membutuhkan perlakuan yang sama dengan pengungkapan kasus kematian Brigadir J.

Misalnya, tidak mungkin dua buah kasus yang serupa melahirkan keputusan yang berbeda (ini tidak presisi namanya).

"Sehingga pada saatnya, tidak ada anggapan bahwa institusi Polri bekerja berdasarkan prinsip "No Viral, No Justice" dan tidak adalagi penyidik Polri yang bermasalah dengan "psikologi hirarki dan psikologi politik" dalam menjalankan tugas (sebagaimana yang diungkapkan oleh Menkopolhukam)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Baca juga: Ferdy Sambo Mengaku Istrinya Dilecehkan di Magelang, Pengacara Brigadir J: Ini Mabuk Tanpa Minum

"Sore hari ini saya akan menyampaikan perkembangan terbaru tindak pidana di Duren Tiga, ini komitmen kami penekanan bapak Presiden untuk mengungkap secara cepat," kata Kapolri dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved