HUT Kemerdekaan RI

HUT ke-77 RI, Anggota TNI AL Bangga Dapat Kesempatan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut

Para anggota TNI Angkatan Laut (AL) merasa bangga dapat menjadi bagian dari pengibaran bendera merah putih di bawah laut

Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Para panggota TNI Angkatan Laut (AL) usai melakukan prosesi pengibaran bendera merah putih di bawah laut, Pulau Puri, Kepulauan Seribu dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para anggota TNI Angkatan Laut (AL) merasa bangga dapat menjadi bagian dari pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Upacara pengibaran ini berlangsung serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia dan terpusat di Pulau Puri, Kepulauan Seribu.

“Kami sebagai corp marinir merasa bangga dapat mengibarkan bendera di bawah laut di 77 titik sesuai perintah bapak Kasal, dan kami berbangga hati kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut yang mendukung,” ujar Letnan Dua Marinir Hendra Saputra yang turut berpartisipasi dalam pengibaran bendera di bawah laut.

Ada total 17 penyelam dalam acara pengibaran ini.

Mereka membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 12 meter dengan susuan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara.

Meski ada kesulitan tapi semua proses upacara dapat berjalan lancar.

“Ada kesulitan yaitu di dasar laut arusnya, kedalaman 12 sampai 14 meter, juga keruh,” ujar Hendra,

Bertepatan hari kemerdekaan ini juga Hendra selaku bagian dari anggota TNI Aberharap agar seluruh masyarakat dapat terus mencintai negara Indonesia yang merupakan negara maritim.

Baca juga: TNI AL Catat Rekor Muri Kibarkan Merah Putih di Laut Kepulauan Seribu Sambut HUT ke-77 RI

Upacara dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono, mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. 

Sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI dan Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, hingga klub selam ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini. 

Dalam upacara pengibaran bendera ini juga turut hadir beberapa atase pertahanan dari Kanada, Korea, Kamboja, Singapura, Australia, China, Mesir, Iran hingga Pakistan.  

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved