HUT Kemerdekaan RI

HUT Kemerdekaan Ke-77 RI, TNI AL Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Bawah Laut

TNI Angkatan Laut (AL) melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang berlokasi di Pulau Puri Kepulauan Seribu, Rabu (17/8/2022).

Ist
TNI Angkatan Laut (AL) melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah lautyang berlokasi di Pulau Puri Kepulauan Seribu, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, TNI Angkatan Laut (AL) melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang berlokasi di Pulau Puri Kepulauan Seribu, Rabu (17/8/2022).

Upacara dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono, mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Ada 17 penyelam yang turut dalam upcara kali ini, mereka membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter dengan susuan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara.

Baca juga: Kemeriahan perayaan HUT RI di Istana Merdeka, Ponpes Ngruki, sampai Papua

Wakasal Laksdya Ahmadi menyampaikan acara ini juga untuk kembali menyadarkan jiwa nasionalisme bangsa dan menanamkan jiwa kebaharian, terutama generasi muda.

Selain itu, cara pengobaran yang unik ini dijelaskan Wakasal Laksdya Ahmad sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap lingkungan.

"Ingin menanamkan jiwa kebaharian kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda untuk menyadarkan kembali yang pertama adalah jiwa nasionalisme kita," ucap Wakasal Laksdya Ahmadi usai melakukan upacara pengibaran bendera.

"Di samping itu juga menggugah kepedulian kita terhadap lingkungan," tambahnya.

Upacara pengibaran ini dilakukan secara serentak di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI dan Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, hingga klub senam ikut berpartisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini.

Dalam pengibaran bendera ini juga turut hadir beberapa atase pertahanan dari Kanada, Korea, Kamboja, Singapura, Australia,China, Mesir, Iran hingga Pakistan.

Foto: istimewa

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved