HUT Kemerdekaan RI

Joe Biden Ucapkan Selamat HUT RI untuk Rakyat Indonesia dan Presiden Jokowi, Singgung soal Demokrasi

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, turut memberikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia.

AFP/BRENDAN SMIALOWSKI
Presiden Indonesia Joko Widodo mendengarkan pernyataan Presiden AS Joe Biden kepada pers sebelum pertemuan bilateral pada Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia, pada 1 November 2021. | Joe Biden turut memberikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia. (Photo by Brendan Smialowski / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, memberikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia dan Presiden Joko Widodo yang tengah merayakan kemerdekaan Indonesia pada hari ini, Rabu (17/8/2022).

Biden mengatakan, Indonesia dan Amerika Serikat adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia.

Menurut Biden, Indonesia dan Amerika sama-sama memiliki sejarah panjang yang dibangun atas visi bersama.

Yakni Indonesia dengan 'Bhineka Tunggal Ika' dan Amerika dengan 'E Pluribus Unum'.

Biden menyebut motto dari Indonesia dan Amerika tersebut menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat yang beragam.

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak (Jokowi) dan rakyat Indonesia yang merayakan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus."

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu 'Bhinneka Tunggal Ika' dan 'E Pluribus Unum'."

Baca juga: Makna Kebaya Kartini Berselendang Merah yang Dipakai Puan Maharani dalam Upacara HUT ke-77 RI

"Moto ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat kita yang beragam," kata Biden, dilansir laman resmi id.usembassy.gov, Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut, Biden menuturkan ia menantikan kerja sama antara Indonesia dan Amerika, terutama dalam memajukan komitmen demokrasi agar ke depannya bisa membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh.

Biden menambahkan, Amerika Serikat turut merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang membahagiakan ini bersama Presiden Jokowi sebagai sahabat dan mitra yang strategis.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved