HUT Kemerdekaan RI

Respons Pidato Jokowi, Ketua KPK: Kami Perkuat Sinergi dengan Polri dan Kejaksaan Berantas Korupsi

Firli mengungkapkan, KPK berjanji bakal melakukan penegakan hukum tanpa pandang bulu kepada siapapun yang melakukan tindak pidana korupsi.

Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Ketua KPK Firli Bahuri. Firli menegaskan, pihaknya senantiasa tegak lurus dengan apa yang menjadi mandat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraannya. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, pihaknya senantiasa tegak lurus dengan apa yang menjadi mandat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraannya.

Firli mengungkapkan, KPK berjanji bakal melakukan penegakan hukum tanpa pandang bulu kepada siapapun yang melakukan tindak pidana, dalam hal ini korupsi.

"Dalam pidato kenegaraan beberapa waktu lalu, Bapak Presiden Joko Widodomenyebut perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya, tanpa pandang bulu," kata Firli dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: KPK Tak Tutup Kemungkinan Selidiki Laporan Pemberian 2 Amplop Diduga dari Orang Ferdy Sambo ke LPSK

Tak hanya itu, Firli juga sependapat dengan pernyataan Presiden Jokowi kalau keamanan, ketertiban sosial, dan stabilitas politik merupakan kunci untuk membangun bangsa.

Rasa aman dan rasa keadilan juga kata dia, harus dijamin oleh negara, khususnya oleh aparat penegak hukum dan lembaga peradilan termasuk pemberantasan korupsi.

Di mana, dalam pidato kenegaraannya pada sidang tahunan di Gedung DPR/MPR kemarin, Presiden Jokowi menekankan kalau pemberantasan korupsi harus menjadi prioritas utama.

"Saya sangat sependapat dengan Bapak Presiden, dan atas hal itulah, KPK mantap senantiasa memperkuat sinergitas dengan Polri dan Kejaksaan dalam hal pemberantasan korupsi, yang menjadi persoalan prioritas bangsa yang harus cepat diatasi," kata dia.

Baca juga: Bupati Mimika Tak Terima Dijadikan Tersangka oleh KPK, Langsung Gugat Praperadilan

Lebih lanjut, Firli menegaskan, dalam upaya memberantas korupsi ini, pemerintah tidak akan main-main.

Bahkan upaya pencegahan korupsi bakal terus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved