Dikecam Akibat Ucapan Poligami Cegah HIV, Kata Wagub Jabar: Itu Bagaimana Sudut Pandang

Uu Ruzhanul Ulum mendapatkan kecaman dari sejumlah pihak akibat pernyataannya yang menyebut poligami sebagai solusi untuk menekan angka HIV/AIDS

Ist
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Serba Guna Al Muhajirien, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendapatkan kecaman dari sejumlah pihak akibat pernyataannya yang menyebut poligami sebagai solusi untuk menekan angka HIV/AIDS.

Menurut Uu, pernyataannya tersebut adalah menunjukkan sudut pandang dari dirinya.

"Ya itu kan bagaimana sudut pandang, dunia bisa hijau pakai kacamata hijau. Dunia Bisa kuning kalau pakai kacamata kuning," ujar Uu kepada wartawan di Gedung Serba Guna Al Muhajirien, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022).

Uu mengatakan penafsiran yang ada tentang sebuah fenomena muncul dari pandang masing-masing orang.

"Dari sudut mana kita pandang itulah penafsiran yang ada," kata Uu.

Pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang menyebutkan, solusi untuk menekan angka penyebaran penyakit HIV/AIDS adalah dengan menikah dan berpoligami, panen kritik hingga hujatan.

Pernyataan itu disampaikan Uu untuk menanggapi data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bahwa dari 5.943 kasus positif HIV di Bandung, Jabar, selama periode 1991-2021, 11 persennya adalah ibu rumah rangga (IRT).

Kritik datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar.

Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei mengatakan, poligami bukan jaminan orang tidak terkena HIV/AIDS.

"AIDS itu kan diduga keras dari hubungan yang bebas, jadi mungkin salah satu pemikirannya ada seperti itu. Tapi belum bisa jadi jaminan solusinya (poligami)," ujar Rahmat saat dihubungi lewat telepon seluler, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: PROFIL Uu Ruzhanul Ulum, Wagub Jabar yang Usulkan Poligami Jadi Solusi Tingginya Angka HIV/AIDS

Kritik juga datang dari Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI). 

Ayu Oktariani, Koordinator Nasional IPPI, dalam rilisnya mengatakan, poligami tak bisa menyelesaikan persoalan HIV.

"Pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ruzhanul Ulum ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kesalahan yang lebih fatal bagi masyarakat lebih luas dan perempuan secara khusus," ujar Ayu.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga tak sependapat dengan pernyataan Uu.

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar telah melakukan beragam program dan agenda untuk mendeteksi dan menangani masalah HIV/AIDS di Jabar, dan telah dilaksanakan secara progresif.

"Dan pendapat pribadi Pak Wagub Uu Ruzhanul Ulum terkait poligami sebagai solusi, saya pribadi tidak sependapat," ujar Emil, dikutip dari akun Instagramnya, @ridwankamil.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved