Menparekraf Latih Pelaku UMKM Agar Tangguh Hadapi Gejolak Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan pelatihan keuangan untuk pelaku UMKM

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Wahyu Aji
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno memberi pelatihan manajemen keuangan untuk pelaku UMKM di Yogayakarta, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan pelatihan keuangan untuk pelaku UMKM agar bisa bertahan di tengah gejolak ekonomi saat ini.

Pelatihan digelar bersama Bank Infaq Ar-Raudhoh di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan diikuti ratusan pelaku UMKM 

Sandiaga mengatakan pelatihan pengelolaan keuangan penting dan tepat agar para pelaku UMKM bisa mengetahui cara mengelola keuangan secara baik.

Menurut Sandiaga, pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi para peserta agar mampu menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity), salah satunya inflasi. 

"Karena itu caranya kita harus bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Karena tidak ada yang konstan semuanya berubah kita harus melewati era VUCA ini. Pelatihan ini sangat tepat," kata Sandiaga di Rumah Makan Goreng Rempah, Sleman, dilansir Rabu (31/8/2022).

Sandiaga meyakini, sejalan dengan program-program Pemerintah yang tepat, para pelaku usaha dapat bertahan bahkan meningkat di tengah gejolak ekonomi. 

"Kami meyakini bahwa usaha-usaha kita bisa bertahan menghadapi gejolak ekonomi terutama naiknya harga bahan-bahan pokok dengan pengolahan keuangan yang lebih baik," ujar Sandiaga.

"Kita tetap menargetkan UMKM kita bisa bertahan malah bisa meningkat dengan target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas tahun ini. Dan sampai 2024 ada 4,4 juta lapangan kerja baru," lanjut dia.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga melalui Bank Infaq Ar-Raudhoh juga memberikan bantuan permodalan sebesar Rp 20 juta untuk UMKM.

Baca juga: Momen Haru Sandiaga Bantu Alat Produksi Kendang Buatan Pengerajin di Gunung Kidul

Seorang peserta pelatihan, Natasha (45) menilai, kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk mendukung usahanya. 

Usai mendapatkan pelatihan, ia mengaku jadi mengetahui pentingnya pengolahan uang agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan baik.

"Tadi saya melihat juga ada bantuan dari Bank Infaq untuk para UMKM, semoga bantuan ini bisa diserap kepada seluruh UMKM yang bergabung di Bank Infaq," ucap Natasha.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Sandiaga Uno yang mendukung program Bank Infaq khususnya di bidang permodalan. Saya doakan Pak Sandiaga sehat dan panjang umur serta diizinkan Allah untuk menjadi pemimpin di Indonesia 2024," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved