Presiden Jokowi Tinjau Aktivitas Tambang Bawah Tanah PT Freeport Indonesia di Mimika

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi melihat langsung proses dan aktivitas penambangan bawah tanah di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi melihat langsung proses dan aktivitas penambangan bawah tanah yang terletak di Grasberg Block Cave (GBC) underground, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi melihat langsung proses dan aktivitas penambangan bawah tanah yang terletak di Grasberg Block Cave (GBC) underground, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).

Sebelum menuju lokasi penambangan, Presiden Jokowi bersama rombongan mendengarkan penjelasan tentang pengerjaan pertambangan bawah tanah yang disampaikan Senior Vice President Underground PT Freeport Indonesia Hengki Rumbink.

Untuk menuju lokasi penambangan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana harus menaiki elevator shaft yang bisa menampung 300 orang.

"Shaft ini bisa mengangkut beban hingga 38 ton dan mencapai ketinggian 225 meter dengan waktu tempuh kurang dari 1 menit,” ucap Hengki.

Kemudian Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan kereta khusus dengan menempuh jarak 400 meter.

Baca juga: Presiden Jokowi Ingin Kemandirian Pangan di Setiap Daerah Terwujud

Setelah turun dari kereta, Presiden Jokowi berjalan kaki menuju GBC Unloading Station untuk menyaksikan proses bongkar muat hasil tambang dari kereta listrik tanpa awak.

Setelah berada di sana selama hampir satu jam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninggalkan GBC underground menuju Tera Shop, Kabupaten Mimika, untuk menghadiri peluncuran teknologi 5G mining.

Baca juga: Jokowi: Krisis Kemanusiaan Ada di Depan Mata Kita

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Tampak pula Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia Richard Adkerson dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved