KASAL Targetkan 80 Persen Alutsista Dilakukan Modernisasi hingga 2024, Termasuk Pembangunan Kapal

target TNI AL terhadap Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) akan dilakukan modernisasi hingga tahun 2024.

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Yudo Margono saat ditemui awak media di atas KRI Dewa Ruci saat melakukan pelayaran di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (2/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Yudo Margono menyatakan, target TNI AL terhadap Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) akan dilakukan modernisasi hingga tahun 2024.

Yudo Margono mengatakan, setidaknya 80 persen Alutsista TNI AL yang ditargetkan untuk dimodernisasi termasuk kapal-kapal yang dimiliki TNI AL.

"Pembangunan mudah-mudahan nanti sampai tahun 2024 nanti bisa mencapai lebih dari 60 persen lah minimal 80 persen," kata Yudo Margono ditemui awak media di atas KRI Dewa Ruci saat melakukan pelayaran di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (2/9/2022).

Target yang dipatok tersebut, didasari karena Yudo Margono mengaku tidak merasa yakin jika target modernisasi Alutsista bakal terlaksana 100 persen pada 2024.

Kendati begitu, dirinya menyatakan untuk tetap berupaya membangun beberapa unsur alutsista sehingga fungsinya bisa dimaksimalkan untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia.

"Tetapi kita juga tetap berusaha setiap tahun untuk bisa membangun, memodernisasi dan juga untuk repotismen unsur-unsur kita," ucapnya.

Baca juga: Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut, KSAL Yudo Margono: Komitmen Sejak Awal

Saat ini kata Yudo, ada beberapa unsur kapal yang sedang dibangun di setiap galangan atau perusahaan yang membangun kapal.

Beberapa di antaranya kata dia ada pembangunan 5 kapal di PAL, kemudian di Jawa Barat ada 3 kapal, kemudian di DRU ada pembangunan 2 kapal.

Serta, di Batam masih ada 5 kapal lagi yang sedang di bangun, kemudian di Banten ada 2 kapal yang sekarang masih dibangun.

"Sehingga nanti mudah-mudahan tahun 2024 bisa selesai semua sehingga minimal bisa mendekati 100 persen MEF walaupun saya yakin tidak akan bisa memenuhi itu," tukas dia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved