Pemilu 2024

Soal Pemilu di 3 DOB Papua, KPU Fokus Siapkan Regulasi Teknis

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan pihaknya saat ini fokus pada persiapan regulasi teknis pembentukan KPU daerah untuk 3 wilayah DOB.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Komisioner KPU RI Idham Holik. Ia mengatakan pihaknya saat ini lebih memfokuskan pada persiapan regulasi teknis pembentukan KPU daerah untuk 3 wilayah DOB. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan tambahan wilayah pemilu di 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua tidak akan mengganggu jalannya tahapan pemilu serentak 2024 secara keseluruhan.

Namun terkait persiapan, Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan pihaknya saat ini lebih memfokuskan pada persiapan regulasi teknis pembentukan KPU daerah untuk 3 wilayah DOB.

"Kami lebih fokus bagaimana mempersiapkan regulasi teknis, pembentukan KPU-nya. Nantikan harus ada KPU," kata Idham kepada wartawan, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: KPU RI Pastikan Perubahaan Perppu Terkait DOB Papua Tidak Ganggu Proses Tahapan Pemilu

Sementara soal sumber daya manusia, Idham belum tahu soal mekanisme tersebut. Nantinya KPU akan menyampaikan teknis pengisian keanggotaan KPU di daerah DOB Papua ke rapat dengar pendapat (RDP) di DPR mendatang.

KPU akan meminta tanggapan DPR apakah dalam kondisi mendesak, pengisian KPU di 3 DOB Papua lewat mekanisme penunjukan langsung atau tetap memerlukan seleksi.

"Nanti dalam RDP kami akan sampaikan apakah memang untuk kebutuhan mendesak itu harus ada penunjukkan atau harus ada seleksi," ujarnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved