Polisi Tembak Polisi

Penyidik Sampai Ketakutan Berhadapan dengan Ferdy Sambo, Seberapa Kuat Pengaruhnya di Polri?

Penyidik, kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat mengalami kendala psikologis karena begitu kuatnya posisi Ferdy Sambo.

WARTA KOTA/YULIANTO
Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo atau Irjen FS menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada sejumlah kendala pada tahap awal penyidikan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada sejumlah kendala pada tahap awal penyidikan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo.

Penyidik, kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat mengalami kendala psikologis karena begitu kuatnya posisi Ferdy Sambo.

Faktor hambatan psikologis itu, salah satunya ketakutan penyidik akan berhadapan dengan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada awal penyidikan.

Baca juga: Ferdy Sambo Sempat Tanya Bripka Ricky Rizal Saat di Rumah Saguling: Kamu Berani Tembak Yosua?

“Kemudian, juga ada kendala-kendala psikologis yang dihadapi para penyidik pada saat itu, termasuk juga Timsus yang sebenarnya posisinya cukup ini ya, cukup kuat tapi juga sempat terganggu,” kata Listyo Sigit, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube KompasTV Pontianak, Kamis (8/9/2022).

Lantas, Kapolri pun mengatakan, pihaknya memutuskan untuk memutasi Ferdy Sambo dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri.

"Akhirnya saat itu kita putuskan yang bersangkutan (Ferdy Sambo) dimutasikan dan kita ganti dengan pejabat baru," lanjutnya.

Setelah dimutasi, hambatan pada awal proses penyidikan itu pun mulai terlewati. 

"Saya kira, kita melampaui hambatan-hamabatan itu dan hasilnya seperti sekarang ini (terungkap)," jelas Listyo Sigit.

Baca juga: Sentil Komnas Perempuan Bela Istri Ferdy Sambo, Irma Hutabarat: Ibu Brigadir J Juga Perempuan

Di sisi lain, Kapolri mengatakan, dalam proses penyidikan mengedepankan science crime investigation atau penyelidikan berbasis ilmiah.

Oleh sebab itu, Listyo Sigit mengatakan, dirinya mungkin sempat dianggap ragu-ragu menangani kasus Brigadir J.

“Kalaupun saya awalnya dianggap ragu-ragu dan sebagainya, bukan karena ragu-ragu, tapi saya mengedepankan science crime investigation,” kata Listyo Sigit dalam program Satu Meja Kompas TV, Rabu (7/9/2022) malam.

Ditakuti Polisi Sampai ke Daerah

Pengamat Kepolisian, Bambang Rukminto, mengakui pengaruh Irjen Ferdy Sambo sebagai mantan Kadiv Propam Polri tidak hanya di pusat namun mengakar sampai ke daerah-daerah.

Bambang menilai masyarakat optimis kasus ini bisa selesai jika melihat komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Ferdy Sambo Memang Bertekad Membunuh Brigadir J, Begini Penjelasan Kapolri

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved