Breaking News:

Kemendikbudristek Bakal Umumkan Skema Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023 Pada Desember Ini

Kemendikbudristek bakal mengumumkan skema seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri secara nasional tahun 2023 pada Desember 2022.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Ist
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam mengatakan skema seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri tidak akan berbeda jauh dengan tahun lalu yang menggunakan SNMPTN dan SBMPTN. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek bakal mengumumkan skema seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri secara nasional untuk tahun 2023 pada Desember 2022.

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam mengatakan skemanya tidak akan berbeda jauh dengan tahun lalu yang menggunakan SNMPTN dan SBMPTN.

"Seperti biasa, seperti tahun lalu pengumuman untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi itu di bulan Desember. Jadi kita mengejar target insyallah nanti Desember siklusnya berjalan dan nanti diumumkan secara luas mengenai seleksi tersebut," kata Nizam di Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Nizam mengatakan tidak ada perbedaan signifikan, meski pelaksanaan seleksi bukan dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Seleksi pada tahun depan akan dilakukan di bawah Kemendikbudristek.

Baca juga: Kemendikbudristek: Riset Industri di Indonesia Masih Banyak Diimpor dari Luar Negeri

"Website juga kita siapkan agar nanti contoh soal dan kisi-kisi bisa diketahui anak-anak kita," jelas Nizam.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.

Perubahan skema ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar episode ke-22.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved