AHY Sindir Jokowi Tinggal Gunting Pita Proyek SBY, Tagar Hambalang Trending, Diungkit PPP dan Repdem

Proyek Hambalang merujuk pada proyek pembangunan Wisma Atlet yang mangkrak akibat kasus mega korupsi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Editor: Hasanudin Aco
SETPRES/RUSMAN
FOTO DOK./Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi Proyek Wisma Atlet di Bukit Hambalang, Kab.Bogor Jawa Barat, Jumat (18/3/2016). Presiden menegaskan proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah aset negara yang harus diselamatkan, proyek itu telah menghabiskan uang negara hingga mencapai Rp 2,7 triliun. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tagar Hambalang di Twitter mendadak trending siang hingga sore tadi.

Tagar Hambalang muncul atas respon netizen setelah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  menyindir rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode pertama yang hanya prosesi gunting pita untuk meresmikan proyek pembangunan era SBY.

Proyek Hambalang merujuk pada proyek pembangunan Wisma Atlet yang mangkrak akibat kasus mega korupsi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Diduga netizen menaikkan isu Hambalang guna merespon ucapan AHY yang merupakan putra SBY itu.

Baca juga: Respons Repdem Sikapi Sindiran AHY Soal Rezim Jokowi Tinggal Gunting Pita Proyek Infrastruktur

AHY menyebut Jokowi hanya meresmikan proyek infrastruktur yang sebelumnya memang sudah dijalankan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu disampaikannya dalam pidato pembukaan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Demokrat, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (15/9/2022).

"Jadi jelas banyak sekali proyek-proyek itu kami menyeluruh dan tidak sering kali dipublikasi. Ada yang mengatakan misal, jaman dulu enggak ada pembangunan infrastruktur nyatanya banyak," kata AHY.

Kemudian, AHY menyatakan banyak pembangunan atau proyek infrastruktur yang dibangun di era SBY tapi tidak banyak dipublikasikan.

"Kami rencanakan, persiapkan, dialokasikan anggarannya, dan dimulai dibangun sehingga banyak yang tinggal dan sudah 70 persen bahkan tinggal 90 persen, tinggal gunting pita. Setahun (pemerintahan) gunting pita kira-kira masuk akal enggak," ujarnya.

PPP dan Repdem Juga Singgung Hambalang

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi merespons soal sindiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengatakan pemerintah sekarang 'tinggal gunting pita' untuk proyek infrastruktur setelah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak lagi menjabat.

"Jangan merasa seolah-olah yang paling hebat. Setiap masa itu kondisi sosial politiknya berbeda-beda satu sama lain," kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Menurut legislator yang akrab disapa Awiek itu, AHY harus melihat kembali proyek Hambalang yang dibangun di masa pemerintahan ayahnya.

"Sesekali Mas AHY bisa datang ke Hambalang, kan masih ada itu proyek program peninggalannya Pak SBY. Itu kan bisa dilihat monumen Hambalang itu," kata Awiek.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved