Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Dibawa Pesawat Milik Jusuf Kalla, Jenazah Azyumardi Azra Diperkirakan Tiba di Tanah Air Senin Malam

Jenazah Ketua Dewan Pers sekaligus Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Prof. Azyumardi Azra diperkirakan akan tiba nanti malam.

Editor: Wahyu Aji
KOMPAS/KRISTIANTO PURNOMO
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jenazah Ketua Dewan Pers sekaligus Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof. Azyumardi Azra diperkirakan akan tiba di tanah air pada Senin (19/9/2022) malam nanti.

Sekretaris pribadi Ketua Dewan Pers Prof Dr Azyumardi Azra, Vemmy Nur Baini mengkonfirmasi terkait jadwal kepulangan tersebut.

"Kalau untuk terkait kepulangan bapak, saat ini pak Azra masih dalam proses swab ya pagi ini jadi hasil menunggu siang nanti. Jadi, paling cepat kemungkinan tiba di tanah air itu malam (nanti, red)," kata Vemmy saat dikonfirmasi awak media, Senin (19/9/2022).

Kendati begitu, Vemmy tidak menjelaskan secara detail perkirakan pukul berapa jenazah Azyumardi Azra tiba di Indonesia.

Dirinya hanya memastikan, kepulangan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah yang wafat di Malaysia itu rencananya akan menggunakan pesawat yang disediakan oleh Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

"Bapak almarhum Azyumardi Azra menggunakan pesawat pak Jusuf Kalla dan nanti untuk naik Batik Air atau engga itu nanti istrinya Ipah Farihah dengan anak beliau itu menggunakan pesawat komersil," kata Vemmy.

Dia menyatakan, informasi kepulangan jenazah Azyumardi Azra ini sejatinya sudah tersiar di media sejak kemarin.

Hanya saja, ada perubahan jadwal kepulangan yang semula direncakan tiba pada Senin pagi, menjadi Senin malam nanti.

Hal itu karena, adanya beberapa persyaratan yang diurus termasuk perihal kebutuhan swab terhadap jenazah.

"Yang disampaikan kemarin itu masih sama, (hanya saja, red) ada perubahan kepulangan yang tadinya pagi, ini tapi tidak bisa jadi inshaallah malam ini," tukas Vemi.

Baca juga: Keluarga Ungkap Ada Perubahan Sikap Azyumardi Azra sebelum Wafat: I’m Done untuk Duniawi

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono direncanakan akan ikut mendampingi jenazah almarhum Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra bersama keluarga.

Sekretaris Azyumardi Azra, Vemmy Nur Baimi mengatakan pihak keluarga saat ini masih mengupayakan agar jenazah Prof. Azyumardi Azra bisa segera dipulangkan ke Tanah Air.

“Kita usahakan bapak bisa pulang. Lagi dicari pihak sana, pihak Dubes dan Pak Dubes mau hadir juga di Kuala Lumpur ikut datang ke sini,” kata Vemmy di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (19/9/2022).

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved