Menhan Prabowo Minta Universitas Pertahanan Cari Solusi Atasi Krisis Air di NTB

Prabowo meminta Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk mengerahkan tim meneliti teknologi sumber air guna mengatasi krisis air di Provinsi NTB.

Penulis: Gita Irawan
Ist
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto di Unhan RI, Kompleks IPSC Sentul Bogor pada Senin (19/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto meminta Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk mengerahkan tim meneliti teknologi sumber air guna mengatasi krisis air di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hal tersebut disampaikan Prabowo di Unhan RI, Kompleks IPSC Sentul Bogor pada Senin (19/9/2022).

"Saya memberi tugas kepada Unhan RI untuk mencari solusi-solusi yang real terhadap krisis air, pelajari sumber-sumber teknologi air (water study)," kata Prabowo dalam press release
Tim Media Prabowo Subianto pada Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Dari Seminar Pancasila di Unhan, Terungkap Peran Penting Lembaga Pendidikan

"Dan saya juga minta ada tim yang dikirim ke Pulau Moa. Selamat bertugas, ini tugas mulia, dalam situasi krisis kita harus mampu hadapi," tegas Prabowo.

Tim tersebut terdiri dari dosen-dosen Fakultas MIPA dan Teknik Militer.

Program riset tersebut merupakan bagian dari wujud pengabdian Unhan RI kepada masyarakat.

Sementara itu Ketua Tim survey lapangan Plh Dekan Fakultas Logistik Militer Unhan RI Laksma TNI Agus Adriyanto dalam paparannya menjelaskan bahwa sasaran kegiatan ini di antaranya adalah meneliti sumber mata air baru yang ada di daratan maupun yang ada di pinggir pantai atau di laut.

“Serta meneliti daerah-daerah yang memiliki densitas tinggi uap air atau kabut untuk menjadi alternatif teknologi baru,” ujarnya.

Kegiatan tersebut akan memastikan sumber air yang sudah diteliti oleh Kementerian PUPR dan Korem 162/Wira Bhakti Mataram untuk dieksplorasi, eksploitasi dan disalurkan kepada desa-desa sekitar, termasuk perhitungan kebutuhan eksplorasi, eksploitasi dan pipanisasi sampai ke masyarakat.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved