Polisi Tembak Polisi

Survei Charta Politika: 62,4 Persen Publik Sebut Penangan Kasus Ferdy Sambo Tak Diungkap Transparan

Survei terbaru Charta Politik mengungkap soal pengetahuan publik terkait kasus polisi tembak polisi yang melibatkan eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
WARTA KOTA/YULIANTO
Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J,Ferdy Sambo. Survei terbaru Charta Politik mengungkap soal pengetahuan publik terkait kasus polisi tembak polisi yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei terbaru Charta Politik mengungkap soal pengetahuan publik soal kasus polisi tembak polisi yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyampaikan dalam melakukan survei pihaknya mengajukan sejumlah pertanyaan kepada responden soal peristiwa yang menjadi sorotan publik tersebut.

Pertanyaan pertama yang diberikan adalah terkait dengan pengetahuan mengenai kasus polisi tembak polisi yakni apakah Bapak/Ibu/Saudara mengetahui atau tidak pemberitaan mengenai kasus polisi tembak polisi yaitu penembakan Brigadir J oleh Bharada E di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo?

"Jadi 91,4 persen mengetahui pemberitaan ini. Tentu saja. Mungkin hampir tiga bulan kalau tidak salah pemberitaan ini menghiasi hampir seluruh media termasuk perbincangan dengan skala engagement yang tinggi di sosmed," kata Yunarto dalam Rilis Survei Charta Politika: Kondisi Sosial Politik dan Peta Elektoral Pasca Kenaikan Harga BBM di kanal Youtube Charta Politika Indonesia, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Survei Charta Politika: Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri Anjlok, Diduga Terkait Kasus Ferdy Sambo

Dari mereka yang mengetahui, lanjut dia, kemudian ditanyakan lagi terkait pengungkapan kasus tersebut oleh kepolisian.

Pertanyaan yang diajukan adalah apakah menurut Bapak/Ibu/Saudara pengungkapan kasus polisi tembak polisi oleh kepolisian berjalan transparan atau tidak transparan?

"Dan ini masih menjadi PR, ada 62,4% publik setelah disuguhi berbagai macam proses oleh Kepolisian masih menyatakan tidak transparan," kata Yunarto.

Baca juga: Respon Polri Soal Tudingan Ada Keterlibatan Kakak Asuh Lindungi Ferdy Sambo di Kasus Brigadir J

Sementara itu, kata dia, baru 32,4 persen yang menyatakan transparan.

Menurutnya hal tersebut merupakan PR besar.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved