Pemilu 2024

Komisi II DPR Bakal Bahas Usulan Soal Nomor Urut Parpol Tak Diganti di Pemilu 2024

Guspardi Gaus mengaku sudah mendengar kabar bahwa usulan itu sudah disampaikan kepada KPU.

Penulis: chaerul umam
dok. DPR RI
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengaku sudah mendengar kabar bahwa usulan itu sudah disampaikan kepada KPU. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI fraksi PAN Guspardi Gaus menanggapi usulan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, agar penomoran partai di Pemilu 2024 tidak usah diganti dan tetap memakai nomor yang sama dengan pemilu periode sebelumnya, 2019.

Guspardi mengaku sudah mendengar kabar bahwa usulan itu sudah disampaikan kepada KPU.

Menurut Guspardi, KPU bisa melakukan pembahasan secara internalnya terlebih dahulu.

Selanjutnya perlu melakukan konsultasi dan pembahasan lebih lanjut bersama pemerintah dan Komisi II untuk mendapatkan persetujuan.

"Komisi II yang membidangi tentang kepemiluan tentu akan membahas dengan semua fraksi yang ada di Komisi II bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu dengan mempertimbangkan sisi positif dan dampaknya negatifnya. Dengan kata lain mesti dilakukan pendalaman tentang manfaat dan mudharat tentang usulan tidak perlunya kocok ulang nomor urut partai politik," kata Guspardi, kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Guspardi menyebut pada prinsipnya, usulan yang disampaikan tersebut harus mempunyai nilai tambah dan tidak hanya dimaksudkan untuk kepentingan partai politik tertentu.

Baca juga: PDIP Usul Nomor Urut Parpol Tak Diubah, Fadli Zon: Tidak Prinsipil Sebaiknya Ikuti Aturan

Kemudian, mesti pula memunuhi rasa keadilan bagi semua partai politik yang akan berlaga sebagai peserta pemilu 2024.

"Persoalan nantinya apakah usulan ini di akomodir, tentu harus melalui prosedur dan mekanisme yang ada. Lebih penting lagi usulan itu, tidak boleh betentangan dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengusulkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), agar nomor urut partai di pemilu 2024 sama seperti pemilu 2019.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved