Breaking News:

Koalisi Partai Politik

Pengamat: Pertemuan Puan dengan AHY Dapat Menurunkan Tensi Politik antara PDIP dengan Demokrat

Agung Baskoro menilai rencana pertemuan Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perlu diapresiasi

Foto Kolase Tribunnews.com
Pengamat: Pertemuan Puan dengan AHY Dapat Menurunkan Tensi Politik antara PDIP dengan Demokrat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Agung Baskoro menilai rencana pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perlu diapresiasi.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) ini mengatakan pertemuan antara kedua elite partai itu dapat mencairkan iklim politik antara PDIP dengan Partai Demokrat.

“Langkah ini positif dan perlu diapresiasi dalam rangka menurunkan tensi politik antar keduanya,” kata Agung Baskoro saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (28/9/2022).

“Sekaligus menjaga stabilitas politik agar tetap kondusif di tengah gejolak ekonomi yang tengah terjadi,” lanjut dia.

Ia menambahkan, pertemuan Puan dengan AHY juga dapat mencetuskan diskurus publik ke arah positif dan berdasarkan fakta dan data.

Pasalnya, beberapa waktu lalu AHY mengkritik kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader PDIP.

Tidak berhenti di situ, Ketua Majelis Tinggi (MTP) Partai Demokrat yang juga Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pun menyinggung soal dugaan kecurangan dalam Pemilu.

Kemudian yang terakhir, pernyataan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) Partai Demokrat Andi Arief yang dinilai kontroversial.

“Setidaknya bila terjadi diskursus di publik arahnya pada hal-hal substantif yang berbasiskan data dan fakta bukan sekedar mengumbar aib politik masing-masing,” ujar Agung.

Baca juga: Politisi PDIP soal Andi Arief: Demokrat Terus Menerus Membombardir Hoaks ke Masyarakat

PDIP Belum Berkomunikasi dengan Demokrat terkait Rencana Pertemuan Puan dengan AHY

Untuk diketahui, Ketua DPP PDIP Said Abdullah merespons rencana Puan Maharani bakal menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Said mengatakan belum ada komunikasi antara PDIP dan Demokrat terkait jadwal pertemuan Puan dan AHY.

"Belum ada komunikasi," kata Sadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Sebelumnya, Said menyebut Puan Maharani akan melakukan safari politik ke Ketum Partai Demokrat AHY walaupun Ketua Bapilu Partai Demokrat Andi Arief melontarkan pernyataan yang mengarah ke Puan.

"Tidak akan mengganggu kunjungan Mba untuk silaturahim, karena itu adalah tugas dari ketum Bu Mega," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Said menyebut pihaknya ingin membangun suasana yang kondusif jelang Pemilu 2024.

"Bukan memborbardir hoaks, pernyataan yang mendiskreditkan antarpihak.Semuanya akan kita kunjungi," kata dia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved