Bantuan Langsung Tunai

Capaian Penyaluran BLT BBM Sudah 96,88 Persen, Kemensos: Selesai Akhir Bulan September

Penyaluran BLT BBM sudah mencapai 96,88 persen. Kemensos sebut penyaluran BLT BBM tahap pertama akan selesai pada akhir September 2022.

Editor: Daryono
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penyaluran bantuan dari pemerintah kepada masyarakat penerima manfaat antara lain Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kantor Pos Baubau, Kota Baubau, pada Selasa, (27/9/2022). - Hingga Rabu (28/9/2022) capaian penyaluran BLT BBM sudah 96,88 persen. Kemensos mengatakan penyaluran tahap pertama akan selesai akhir September. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Nikmat, mengungkapkan penyaluran BLT BBM sudah mencapai 96,8 persen.

Dikutip dari laman Kemensos, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) ini telah disalurkan kepada 20.005.508 Keluarga Penerima Manfaat (Manfaat).

“Sampai Rabu (28/9), berdasarkan dashboard yang sudah disiapkan PT. Pos Indonesia, realisasi BLT BBM itu sudah mencapai 96,88 persen secara nasional. Jadi, dari total 20,65 juta KPM, itu sudah terealisasi 20.005.508 KPM,” kata Harry pada Rabu (28/9/2022).

Harry juga mengatakan bahwa penyaluran BLT BBM akan mencapai 100 persen pada akhir September.

“Saya kira, tingkat realisasi secara nasional, termasuk tinggi untuk tahap pertama Bulan September. Insya Allah, akhir September ini, bisa kita tuntaskan untuk mendekati 100 persen,” ucapnya.

Setelah selesai penyaluran BLT BBM tahap pertama, rencananya akan ada tahap kedua yang dilakukan pada Desember mendatang.

Baca juga: Penyaluran BLT BBM Sudah 96,6 Persen, Begini Cara Cek Penerima BLT BBM via cekbansos.kemensos.go.id

"Ini (penyaluran BLT BBM) baru tahap pertama, akan ada tahap kedua nanti di Bulan Desember,” imbuh Harry.

Harry mengakui bahwa capaian realisasi penyaluran BLT BBM ini telah berhasil diraih atas dukungan dan kerja sama pihak terkait, termasuk dukungan pemerintah daerah hingga aparat penegak hukum.

Sementara itu, bagi penerima BLT BBM dapat melakukan pengecekan data penerima manfaat melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Cek Daftar Penerima BLT BBM

Cara mengecek penerima BLT BBM di cekbansos.kemensos.go.id.
Cara mengecek penerima BLT BBM di cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id)

Inilah cara cek daftar penerima BLT BBM melalui laman cekbansos.kemensos.go.id:

- Buka laman cekbansos.kemensos.go.id atau klik di sini

- Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan

- Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai KTP

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved