Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Jokowi Sentil 2 Menteri hingga Ketum PSSI Imbas Kerusuhan Arema vs Persebaya di Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dihentikan sementara, Minggu (10/2/2022).

Tangkap layar YouTube KompasTV
Konpers Presiden Jokowi Terkait Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang. Jokowi minta penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dihentikan sementara dan turut menyentil dua menteri hingga Ketum PSSI, Minggu (10/2/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka mendalam atas insiden kerusuhan pendukung sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Seperti diketahui, kerusuhan kembali terjadi di dunia sepak bola tanah air, di mana saat pertandingan Arema FC Vs Persebaya semalam, Sabtu (1/10/2022).

Kerusuhan maut terjadi pasca-laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, dalam lanjutan Liga 1.

Diketahui update terakhir 129 suporter sepak bola tewas dalam tragedi tersebut, termasuk dua anggota Polri.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, " kata Jokowi, Minggu (10/2/2022) dikutip dari YouTube Sekertariat Presiden

Imbas kejadian ini Jokowi juga meminta penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dihentikan sementara. 

Baca juga: Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Arema vs Persebaya di Kanjuruhan, Pesan Khusus ke Kapolri

"Saya juga memerintahkan pada PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan prosedur pengamanan dilakukan," katanya.

Dalam hal ini Presiden Jokwoi juga telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memonitor korban yang saat ini berada di rumah sakit. 

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk monitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit ," kata Jokowi

Jokowi pun memerintahkan jajarannya untuk melakukan evaluasi menyuluruh tentang pelaksanaan dan keamanan penyelenggaraan sepak bola. 

"Saya juga memerintahkan Menpora, Kapolri dan Ketua Umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan sepak bola dan juga prosedur keamanan penyelenggaraannya," tuturnya. 

Kronologi Kejadian

Diwartakan Tribunnews sebelumnya, insiden ini bermula dari kekalahan Arema, 

Mengutip dari SuperSkor, pada pertandingan itu Arema kalah dari tim Persebaya, dengan skor 3-2.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved