Bursa Capres

Perjalanan Anies Baswedan Dideklarasikan NasDem Jadi Bakal Capres 2024, Dianggap Bukan Orang Asing

Partai NasDem mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden Pilpres 2024. Ini perjalanan Anies hingga diumumkan Surya Paloh.

Penulis: Adi Suhendi
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang ke Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022) pagi. Partai NasDem mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem mendeklarasikan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan terhadaap Anies Baswedan tersebut langsung diungkapkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat. 

"NasDem mencari yang terbaik dari yang terbaik, NasDem akhirnya melihat sosok Anies Baswedan. Kami mempunyai keyakinan dalam prespektif dalam secara makro dan mikro sejalan dengan apa yang kami (NasDem) yakini." 

"Kami menitipkan bangsa Indonesia jika Anies Baswedan terpilih pimpinlah banga indonesia menjadi bangsa yang lebih bermartabat bangsa yang mampu membentuk karakter," kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, dalam tayangan Breaking News KompasTv, Senin (3/10/2022). 

Sekadar informasi, Anies Baswedan maju ke dunia politik setelah direshuffle Presiden Jokowi dari kursi Menteri Pendidikan Kebudayaan pada 2016.

Baca juga: Anies Baswedan Terlihat Sudah Hafal Mars Partai NasDem Sebelum Deklarikan Capres 2024

Meskipun tidak terafiliasi Partai Politik secara langsung, Anies Baswedan akhirnya diusung Partai Gerindra dan PKS bertarung dalam Pilgub DKI Jakarta pada 2017.

Saat itu, ia berpasangan dengan Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Kebersamaan Anies dan Sandiaga memimpin Jakarta hanya berlangsung sekitar satu tahun.

Sandiaga Uno melepaskan jabatan Wakil Gubernur DKI karena maju menjadi calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

Baca juga: BREAKING NEWS: NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Bakal Capres 2024

Anies Baswedan pun melanjutkan kepemimpinannya di Jakarta hingga selesai pada Oktober ini.

Belakangan nama Anies Baswedan semakin menguat untuk maju dalam Pilpres 2024.

Terlebih, sejumlah hasil survei, nama Anies Baswedan selalu muncul dalam tiga besar calon presiden yang memiliki elektabilatas mumpuni.

Perjalanan Anies Baswedan hingga diusung NasDem

Kemudian Anies Baswedan pun masuk dalam penjaringan bakal calon presiden 2024 Partai NasDem.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved