Bursa Capres

Deklarasikan Anies Capres, Posisi NasDem jadi Serba Sulit Kedekatan Surya dengan Jokowi Terkikis

pendeklarasian Anies Baswedan sebagai capres oleh NasDem justru membuat posisi partai besutan Surya Paloh ini berada di posisi yang serba sulit

Ist
Pengamat Politik selaku Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia) Ray Rangkuti saat melakukan konferensi pers di Media Center Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Selasa (19/7/2022), dalam rangka melaporkan terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Hasan). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Lingkar Madani, Ray Rangkuti, meyebutkan pendeklarasian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) justru membuat posisi partai besutan Surya Paloh ini berada di posisi yang serba sulit.

Hal ini lantaran NasDem saat ini masih berada di dalam lingkaran anggota kabinet Presiden Joko Widodo, tapi di satu sisi justru memilih Anies sebagai capres untuk Pemilu 2024 mendatang.

Padahal seperti diketahui, jelas Ray, Anies adalah tokoh yang populer karena ia selalu berhadapan dengan Jokowi.

Anies disebut Ray mendapatkan popularitasnya karena sering kali dianggap berbeda dengan Jokowi atau menyuarakan suara oposisi.

“Apa artinya? Artinya kan ada ketegangan. Di satu segi Anies adalah calon presiden dari nasDem yang mendapatkan popularitas elektabilitas dengan menyatakan berbeda politik dengan pak Jokowi, saat yang bersamaan NasDem masih berada di lingkaran istana,” ujar Ray kepada Tribunnews, Rabu (5/10/2022).

Dengan adanya ketegangan ini, Ray menyebutkan bakal sedikit banyak kedekatan NasDem dan Jokowi terkikis.

Ia menyebutkan hal ini sudah mulai terlihat dari bagaimana reaksi Jokowi saat ditanya ihwal pendeklarasian Anies oleh NasDem.

Reaksi tersebut juga, lanjut Ray, merupakan sinyal yang memperlihatkan Jokowi yang saat ini tengah ditinggalkan oleh NasDem.

“Kalau misalkan lihat kemarin reaksi Jokowi yang kelihatan justru negatif ya, 'saya enggak ada komentar, kita masih berkabung.’ Saya kira itu salah satu sinyal yang memperlihatkan bahwa Jokowi merasa seperti ditinggalkan gitu lho oleh NasDem,” jelas Ray.

Baca juga: Langkah Berani Surya Paloh Pilih Anies Jadi Capres 2024 yang Diusung NasDem, Ini Analisis Pengamat

Diketahui, Anies baru saja dideklarasikan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang oleh NasDem, Senin (3/10/2022) lalu.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh meyakini Anies merupakan pilihan yang terbaik.

Surya juga percaya Indonesia menjadi negara yang bermartabat jika Anies terpilih menjadi Presiden RI.

"Kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke depan bangsa ke depan, insya Allah jika saudara Anies Rasyid Baswedan terpilih jadi presiden nanti, pimpinlah bangsa ini jadi bangsa yang lebih bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter daripada bangsa ini sejatinya," ujarnya.

Surya mengungkapkan pembangunan bangsa Indonesia tidak hanya dilakukan melalui aspek fisik semata melainkan pembangunan karakter.

"Itu diperlukan dan akan kita perlukan yang tidak kalah lagi diperlukan adalah nation and character building membangun karakter bangsa," ungkapnya. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved