WNI Tewas Ditembak di Amerika

Menlu Retno Ungkap KJRI Houston Sedang Proses Pemulangan Novita, WNI Korban Penembakan di Texas

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut KJRI Houston kini tengah memproses pemulangan Novita Kurnia Putri, WNI yang jadi korban penembakan di Texas

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi saat press briefing secara daring, Kamis (21/7/2022). | Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa KJRI Houston kini tengah memproses pemulangan Novita Kurnia Putri, WNI yang meninggal dunia setelah jadi korban penembakan di Texas, Amerika Serikat. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi buka suara terkait peristiwa penembakan di Bexar County, Texas, Amerika Serikat yang menyebabkan WNI bernama Novita Kurnia Putri (25) meninggal dunia.

Diketahui Novita meninggal dunia setelah ditembak ratusan peluru oleh remaja yang masih di bawah umur.

Menurut Menlu Retno, saat ini Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston tengah memproses pemulangan jenazah Novita ke Indonesia.

"Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston juga terus melakukan upaya untuk membantu proses dari jenazah itu dan juga proses pemulangan dari jenazah ke Indonesia," kata Menlu Retno dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut Menlu Retno juga menyebut jika Kemenlu terus menjalin komunikasi dengan KJRI Houston, sejak adanya peristiwa penembakan yang menewaskan WNI asal Semarang Jawa Tengah ini.

Termasuk juga menjalin komunikasi dengan Direktur Perlindungan WNI.

Baca juga: VIDEO Firasat Ibunda Novita, WNI yang Tewas Diberondong Tembakan di Texas: Tidak Seperti Biasanya

"Komunikasi terus kita jalin antara Houston dengan Jakarta, terutama dengan Direktur Pelindungan WNI dan sekarang proses yang sedang kita lakukan adalah untuk pemulangan."

"Jadi sekali lagi, dari sejak awal KJRI Houston sudah berusaha, bergerak, membantu dan melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat," terang Retno.

Diketahui peristiwa penembakan yang dialami Novita terjadi pada pekan lalu, tepatnya pada pukul 00.30 dini hari waktu setempat, saat itu Novita sedang mengetik di kamarnya.

Kemudian ada dua anak laki-laki berusia 14 dan 15 tahun, diduga mengemudikan mobil ke arah rumahnya menggunakan kendaraan curian dan menembakkan lebih dari 100 peluru berbagai kaliber.

Baca juga: Fakta Tewasnya WNI di AS karena Tembakan Nyasar, Pelaku Masih Remaja

Sheriff Bexar County Javier Salazer mengatakan dalam konferensi pers Selasa pagi, bahwa Novita adalah korban salah sasaran yang tewas dengan luka tembak di kepala.

Dalam momen naas tersebut, Novita diketahui tengah menjamu tamu Airbnb di rumahnya, di blok 14000 Bald Mountain Drive, yang juga terluka dalam aksi penembakan.

Baca juga: KRONOLOGI Novita Kurnia Putri WNI di AS Tewas karena Jadi Korban Salah Tembak, Pelaku di Bawah Umur

Dubes AS Pastikan Otoritas Lokal Usut Tuntas Kasus ini

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Y Kim menyampaikan rasa duka cita atas meninggalnya warga negara Indonesia (WNI) bernama Novita Kurnia Putri (25) di Bexar County, Texas, Amerika Serikat.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved