Pemilu 2024

Lolos Verifikasi Faktual Pemilu 2024, Ketua KPU: Partai Perindo Dinyatakan Memenuhi Syarat

KPU menyatakan Partai Perindo memenuhi syarat, sehingga lolos verifikasi faktual tingkat pusat untuk Pemilu 2024.

Istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Perindo memenuhi syarat, sehingga lolos verifikasi faktual tingkat pusat untuk Pemilu 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Perindo memenuhi syarat, sehingga lolos verifikasi faktual tingkat pusat untuk Pemilu 2024.

Seluruh dokumen terkait kantor dan kepengurusan yang sebelumnya lolos verifikasi administrasi, sesuai dengan kondisi faktual.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan verifikasi faktual tingkat pusat terhadap Partai Perindo meliputi dua hal, yaitu kepengurusan dan kantor.

"Berdasarkan verifikasi terhadap dua hal tadi, verifikasi terhadap DPP atau pengurus pusat Partai Perindo dinyatakan memenuhi syarat," kata Hasyim.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Republik Indonesia Hasyim Asy'ari seusai verifikasi faktual di Kantor DPP Partai Perindo, Jl Diponegoro No. 29, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022).

KPU dan Bawaslu mendatangi Kantor DPP Partai Perindo guna melakukan verifikasi faktual DPP Partai Perindo.

Baca juga: Panaskan Mesin Partai, Kader Perindo Ditargetkan Mendulang Banyak Suara pada Pemilu 2024

Selain Ketua KPU RI, hadir pula pada verifikasi faktual tersebut Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Adapun, tim verifikasi faktual KPU dipimpin oleh 2 anggota KPU, yaitu Idham Khalik dan August Mellaz beserta tim verifikator dari kesekjenan KPU beserta Bawaslu.

"Kita tahu semua di DPP Partai Perindo ini terverifikasi. Alamat sebagaimana dokumen dan situasi faktual sesuai. Kepengurusan di DPP, nama-nama di dokumen dengan situasi faktual sesuai," kata Hasyim.

Selain itu, keterwakilan pengurus perempuan di DPP Partai Perindo juga jauh melampaui batas minimal 30 persen.

"Keterwakilan perempuan (di DPP Partai Perindo) persentasenya 40 persen, dari batas minimal 30 persen, terpenuhi, bahkan terlampaui," pungkas Hasyim.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengamini terpenuhinya syarat verifikasi faktual Partai Perindo di tingkat pusat.

“Tadi telah dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum dan beberapa hari ke depan akan ada verifikasi faktual kepada pengurus provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Rahmat Bagja.

Baca juga: Luncurkan Akademi Perindo, Harry Tanoe Dorong Kader Jadi Caleg dan Calon Eksekutif Hebat

Seusai Partai Perindo dinyatakan lolos verifikasi faktual di tingkat pusat tersebut, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan Partai Perindo berkomitmen untuk memastikan lolos verifikasi faktual di seluruh tingkatan di seluruh Indonesia dan siap menyambut pesta demokrasi 2024.

"Tahapan verifikasi ini bukan hanya DPP, tetapi juga di provinsi, maupun kabupaten, dan seluruh kota, jadi mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Tentunya kami berkomitmen untuk menyelenggarakan atau memastikan bahwa verifikasi ini dapat dilalui dengan baik," kata HT di Kantor DPP Partai Perindo, Jl Diponegoro No. 29, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022).

"Dan setelah itu, tentunya persiapan untuk Pemilu 2024. Target, saya pernah sampaikan double digit. Double digit itu kurang lebih sekitar minimal 60 kursi DPR RI yang kita targetkan," tegas HT.

Turut hadir pula dalam verifikasi faktual tersebut, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr. TGB H. Muhammad Zainul Majdi hingga Wakil Ketua Umum Partai Perindo Syafril Nasution. (*)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved