Beraksi Lagi, Bjorka Kini Bocorkan 44 Juta Data Diklaim Milik MyPertamina: Pasang Harga Rp392 Juta

hacker bernama Bjorka kembali beraksi. Aksinya kali ini adalah dengan menjual 44 juta data yang diklaim milik akun MyPertamina di forum Breached.

Editor: Wahyu Aji
Twitter @bjorkanism
Hacker Bjorka 

Laporan Wartawan Trbunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah lama namanya tak terdengar, hacker bernama Bjorka kembali beraksi.

Aksinya kali ini adalah dengan menjual 44 juta data yang diklaim milik akun MyPertamina di forum Breached.

Berdasarkan situs Breached Forum, ukuran data yang dijual Bjorka sebesar 30GB dan bersumber dari data peretasan per November 2022.

Adapun data yang dijual berisikan sejumlah informasi meliputi nama, email, NIK, NPWP, nomor telepon, jenis kelamin, hingga pendapatan bulanan harian, bulanan dan tahunan.

Dalam situs tersebut, Bjorka menuliskan bahwa MyPertamina adalah platform layanan finansial digital dari BUMN Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja.

"Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran nontunai saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU," tulis Bjorka di laman forum jual beli Breached, dikutip Kamis (10/11/2022).

Sebanyak 44 juta data yang diklaim milik MyPertamina tersebut dijual dengan harga 25 ribu dolar AS atau setara Rp392 juta. Transaksi hanya bisa dilakukan lewat bitcoin.

Bjorka turut serta melampirkan contoh data yang ia bocorkan tersebut. Dari sampel data yang diberikan, berisi data transaksi pengguna.

Diketahui sebelum membocorkan data yang diklaim milik MyPertamina, Bjorka sempat menyatakan niatnya untuk mendukung para pendemo yang meminta pembatalan kenaikan harga BBM.

Baca juga: HEBOH di Twitter, Bjorka Dikabarkan Bocorkan 44 Juta Data Pengguna Aplikasi MyPertamina

Sebagai informasi, Bjorka merupakan sosok yang sama yang membocorkan data pejabat negara di Indonesia. Mereka yang datanya pernah dibocorkan Bjorka diantaranya, Menpora Zainudin Amali, Mendagri Tito Karnavian, Kepala BSSN Hinsa Siburian, hingga data daftar pemilih milik KPU RI.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved