Eks Menhan Purnomo Yusgiantoro Bicara Sosok Moeldoko dan Konsep Kepemimpinan

Purnomo Yusgiantoro mengatakan buku Moeldoko tersebut bisa menjadi rujukan kepemimpinan di Perguruan Tinggi Nasional.

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Istimewa
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meluncurkan bukunya berjudul M-Leadership, Berani Memimpin, Kamis (10/11/2022). Dalam kesempatan tersebut Menteri Pertahanan (Menhan) 2009-2014, Purnomo Yusgiantoro mengatakan buku yang ditulis Moeldoko bisa menjadi rujukan kepemimpinan di Perguruan Tinggi Nasional. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pihak mengapresiasi buku yang baru saja diluncurkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang berjudul “M-Leadership, Berani Memimpin”.

Menteri Pertahanan (Menhan) 2009-2014, Purnomo Yusgiantoro mengatakan buku Moeldoko tersebut bisa menjadi rujukan kepemimpinan di Perguruan Tinggi Nasional.

"Sebab di dalam buku ini berisi konsep-konsep dasar kepemimpinan. Dan akan saya jadikan referensi mengajar leadership di Unhan," ujarnya saat menjadi penanggap dalam peluncuran buku M-Leadership, ditulis Jumat (11/11/2022).

Purnomo mengatakan pemimpin yang hebat dimulai dari memimpin dirinya sendiri.

Hal itu dibuktikan Moeldoko dengan meraih banyak prestasi, baik saat menempuh pendidikan Akademi Militer (Akmil) maupun saat bertugas.

Baca juga: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Luncurkan Buku M-Leadership, Berani Memimpin

“Saya ingat waktu menjadi Menhan, Moeldoko sangat berani dan tegas akan merobohkan mercusuar negara tetangga yang mengklaim wilayah Indonesia," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Direktur Teknik PT Mobil Anak Bangsa, Bambang Tri Soepandji.

Dia mengakui nilai-nilai kepemimpinan yang ditulis Moeldoko diimplementasikan ke dalam aktivitasnya menjalankan usaha Mobil Anak Bangsa.

Dia mencontohkan keberanian Moeldoko mewujudkan industri listrik di Indonesia.

Baca juga: Kenalkan Moeldoko Centre ke Masyarakat, 93 Videotron Dipasang di Stasiun Jabodetabek dan Pulau Jawa

"Selama ini banyak tokoh menginisiasi mobil listrik tapi tidak bisa dijual. Nah pak Moeldoko ini bisa mewujudkan itu. Semua berangkat dari ide-ide yang sebenarnya impossible (mustahil). Spirit itu yang kini ada di MAB," jelas Bambang.

Sebagai informasi, Buku "M-Leadership, Berani Memimpin" karya Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berisi 267 halaman, dan terdiri dari 12 Bab.

Buku dengan kata pengantar yang ditulis Hermawan Kertajaya ini, memuat pengalaman dan pemikiran Moeldoko soal kepemimpinan.

Buku tersebut merupakan kombinasi kepemimpinan militer, bisnis, dan sipil. Konsep tersebut dihasilkan dari perjalanan kepemimpinannya saat menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) 2013-2015, menekuni dunia bisnis selepas pensiun, dan sebagai Kepala Staf Kepresidenan hingga saat ini.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved