Polisi Tembak Polisi

Harta Kekayaan Erna Normawati, Jaksa yang Tiba-tiba Absen di Sidang Brigadir J, Hanya Punya 1 Mobil

Harta kekayaan Erna Normawati, jaksa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang belakangan ini tak hadir di persidangan.

Penulis: Daryono
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Tangkap Layar YouTube Kompas TV, TribunBali
Erna Normawati di PN Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022) (kiri), dan Erna Normawati saat menjabat Kajari Denpasar (kanan) - Berikut harta kekayaan Erna Normawati 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini harta kekayaan Erna Normawati, jaksa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang belakangan ini tak hadir di persidangan.

Jaksa Erna Normawati yang dikenal agresif dalam menangani kasus pembunuhan Brigadir J tiba-tiba tak terlihat dalam persidangan.

Absennya Erna dalam persidangan sempat diungkap Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan dalam program Satu Meja The Forum yang mengangkat tema "Kasus Sambo, Siapa Bisa Main Mata?” di Kompas TV, Rabu (23/11/2022).

“Ya saya memang dengar di luaran ada mengatakan bahwa ada satu tim Jaksa katanya, tiba-tiba tidak lagi menjadi Jaksa di dalam kasusnya PC (Putri Candrawathi) ya kan gitu ya."

"Terus terang saja saya enggak tahu background-nya kenapa. Apakah dia sakit, apakah dipindah ke luar kota ya,” ungkap Otto Hasibuan.

Baca juga: Keluarga Brigadir J Minta Jaksa Erna Hadir Lagi di Sidang Putri Candrawathi, Kejagung Buka Suara

Atas absennya Erna, pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) akhirnya buka suara.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan tidak hadirnya Erna di sidang kasus Ferdy Sambo karena Erna memilki tugas lain yang perlu dikawal. 

Ia membantah Kejagung melakukan mutasi terhadap Erna. 

“Enggak ada pemindahtugasan, dia lagi menangani perkara yang lain, kan jaksanya banyak,” kata Ketut saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/11/2022) malam.

Ketut mengatakan, seorang jaksa penuntut umum (JPU) biasanya tidak hanya mengawal satu kasus persidangan.

Jaksa Erna Normawati dalam sidang untuk terdakwa Putri Candrawathi di PN Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022).
Jaksa Erna Normawati dalam sidang untuk terdakwa Putri Candrawathi di PN Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022). (Tangkap Layar YouTube Kompas TV via Wartakotalive.com)

Menurut dia, jaksa yang disiapkan untuk mengawal persidangan kasus pembunuhan berencana Brigadir J ada banyak, yakni 74 jaksa.

“Jadi jaksa di sana pun juga tidak menangani satu dua perkara sekaligus dalam waktu bersamaan. Dia bisa menangani empat, lima perkara. Jadi mereka sementara dipakai untuk menyelesaikan perkara yang lain,” ujar Ketut.

Baca juga: Profil Erna Normawati, Jaksa dalam Sidang Putri Candrawathi yang Tiba-tiba Diganti, Dikenal Agresif

Menurut Ketut, jaksa yang bertugas menangani beberapa perkara sekaliugus itu adalah hal yang biasa.

Ia juga memastikan bahwa semua jaksa dalam persidangan kasus pembunuhan berencana Brigadir J memiliki sikap dan tanggung jawab yang sama, yakni membuktikan kebenaran dalam kasus itu.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved