Job Fair Solusi Ampuh Tekan Pengangguran Terbuka di Kota Tangerang

Virtual Job Fair Kota Tangerang berhasil menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di tahun 2022 ini.

Editor: Content Writer
Dok. tangerangkota.go.id
Virtual Job Fair Kota Tangerang 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang berhasil menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di tahun 2022 ini. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Tangerang tahun 2022 turun menjadi 7,16 persen dari sebelumnya di 2021 berada di angka 9,07 persen.

Upaya Pemkot Tangerang dalam menekan laju pengangguran terbuka, salah satunya melalui job fair rutin yang dilaksanakan setiap bulannya secara virtual. Upaya tersebut terbukti ampuh dalam menekan angka pengangguran terbuka di kota Akhlakul Kharimah ini.
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra menerangkan, kegiatan job fair yang dilaksanakan setiap bulannya mampu menempatkan para pencari kerja secara efektif kepada perusahaan yang membutuhkan.

Tercatat, sejak job fair virtual dilaksanakan sejak September 2020 lalu, hingga saat ini sudah menyerap tenaga kerja sebanyak 11.262 orang. Dengan rincian 10.670 warga Kota Tangerang dan 592 warga luar Kota Tangerang.

Ujang Hendra mengatakan, jika selama ini job fair digelar secara virtual, dalam waktu dekat pihaknya berencana menggelar secara offline. Termasuk, menggelar job fair tingkat kecamatan hingga tingkat kelurahan.

"Secara antusias, bisa dibilang sangat tinggi. Para pencari kerja di Kota Tangerang selalu mencari informasi kapan job fair dilaksanakan. Oleh karena itu, kami berencana akan melaksanakannya hingga ke wilayah," kata Ujang. (adv)

Selain job fair, Ujang juga mengatakan akan memaksimalkan balai latihan kerja. Tujuannya, ketika para peserta lulus mengikuti pelatihan tersebut, bisa secara mandiri membuka usaha atau bahkan membuka lapangan kerja.

"Jadi pelatihan BLK ini kita juga melihat di lapangan, tenaga apa yang saat ini paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Harapannya mereka bisa membuka dan memperluas usahanya," sambungnya.

Diketahui, fitur job fair ternyata paling banyak dikunjungi oleh pengguna aplikasi Tangerang LIVE. Berdasarkan data sampai dengan Oktober 2022 penggunaannya mencapai 803.145 kunjungan.
Peringkat kedua yang paling banyak diakses pengguna adalah fitur Tangerang Cakap Kerja sebanyak 728.887 kunjungan.

Tidak hanya job fair virtual setiap bulannya, Pemkot Tangerang juga mengadakan pelatihan berbasis kewirausahaan melalui Cakap Kerja yang banyak diminati para pencaker.
Sebelumnya, Program bursa kerja atau job fair virtual yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan, mendapat apresiasi langsung dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)

Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN), dr Nora Kartika Setyaningrum menyatakan Job Fair Virtual yang digelar setiap bulannnya ini jelas luar biasa. Kemnaker apresiasi dengan terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang ini.

"Tantangan ketenagakerjaan Indonesia memang luar biasa. Tapi, Kota Tangerang bisa mencari solusi di tengah itu, dengan sistem virtual seperti ini. Konsep ini sangat cocok dengan generasi saat ini, yang tak perlu jauh atau repot mencari pekerjaan. Hanya tinggal online saja," ungkap dr Nora.
Ia pun menuturkan, dalam pantauan Kemnaker baru Kota Tangerang yang terus rutin dan berkomitmen menggelar job fair virtual setiap bulan seperti ini.

"Kalau job fair virtual secara rutin ini memang baru Kota Tangerang. Buat kami ini bagus, kalau bisa ditambah Talent Expo. Seperti, lembaga satuan pendidikan yang melakukan pemasaran para alumninya yang punya kualitas dan kompetensi bagus. Ayo, kita terus berinovasi menjawab tantangan ketenagakerjaan," papar dr Nora.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra menuturkan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan Kemnaker. Disnaker Kota Tangerang pun siap berinovasi untuk program job fair di Kota Tangerang.

"Disnaker siap berinovasi di 2023, lewat mobil training yang siap belusukan ke pemukiman. Melakukan pelatihan langsung ke masyarakat, untuk meningkatkan kompetensi diri, sehingga siap bekerja di perusahaan atau membuka usaha sendiri," jelas Ujang.
Ia melanjutkan, pihaknya mengajak warga berperan aktif bergabung dalam virtual job fair yang digelar setiap bulan guna mencari informasi lowongan pekerjaan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved