Penggunaan PMN oleh PLN, Fraksi Demokrat: Lanjutkan Penerapan di Daerah 3T

Anggota Komisi VI DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh, Muslim berharap penggunaan Penyertaan Modal Negara (PMN) dapat memberikan pemerataan

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas PLN memasang tiang listrik di Desa Tiwei, Long Ikis, Paser, Kalimantan Timur, Jumat (27/4/2018). PLN terus berupaya maksimal untuk merampungkan proyek listrik di pedesaan Kalimantan Timur maupun Kalimantan Utara untuk mewujudkan pemerataan listrik pada akhir tahun 2018 dapat terselesaikan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh, Muslim berharap penggunaan Penyertaan Modal Negara (PMN) dapat memberikan pemerataan akses kelistrikan di daerah 3T

Menurutnya, sudah saatnya penduduk yang tinggal di daerah 3T merasakan kemerdekaan akses kelistrikan. 

“Saya dukung PLN memanfaatkan PMN untuk daerah terpencil. Ada beberapa daerah yang belum dilistriki, dusun-dusun belum mendapatkan listrik, dan mereka sudah mengajukan,” katanya kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Dengan disahkannya PMN 2023, Komisi VI DPR RI mendukung PLN peningkatkan rasio elektrifikasi.

Bersamaan dengan target tersebut, PLN dapat mempercepat transisi energi dengan menyasar pengembangan pembangkit listrik yang bersumber dari sumber daya alam setempat.

Pada 2023, DPR mensepakati PLN mendapatkan tambahan PMN sebesar Rp 10 triliun.

Dana ini akan diprioritaskan untuk membangun akses listrik berfokus pada peningkatan Rasio Elektrifikasi secara nasional maupun Rasio Desa Berlistrik (RDB). 

Selain itu, alokasi ini juga dioptimalkan oleh PLN untuk menambah pembangkit listrik berbasis energi bersih sesuai dengan kompetensi sumberdaya alam di masing masing daerah.

Pada PMN tahun depan, rencananya PLN akan memaksimalkan dana tersebut untuk mengejar target rasio desa berlistrik, terutama di wilayah Indonesia Timur yang saat ini rasio elektrifikasinya masih di bawah 90 persen.

Baca juga: Serap Emisi 5,5 Juta ton CO2, PLN Tanam Lebih dari 1,47 Juta Pohon

Selain itu, PLN juga akan memfokuskan pembangunan akses listrik di wilayah perbatasan seperti di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved