Profil 9 Pati TNI Bintang 3 Potensi jadi Calon KSAL Gantikan Laksamana Yudo Margono, Siapa Saja?

Inilah 9 perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Laut (AL) bintang 3 yang berpotensi dapat menjadi KSAL, gantikan Laksamana Yudo Margono.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
APEL KOMANDAN SATUAN - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono berbincang dengan prajurit pemain drum band di sela-sela Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AL 2022 di Lapangan Aru, Akademi Angkatan Laut, Bomimoro, Surabaya, Jumat (26/8/2022). Kegiatan apel yang diikuti 496 orang untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap kebijakan-kebijakan pimpinan TNI AL dalam pembinaan dan pembangunan kekuatan dalam pelaksanaan tugas yang diemban oleh para komandan satuan di lapangan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ. Inilah nama 9 Pati TNI AL yang berpotensi menjadi Calon KSAL. 

TRIBUNNEWS.COM -Sosok calon pengganti Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono hingga saat ini belum menggaung.

Namun, di sisi lain terdapat nama-nama Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut (AL) yang berpotensi dapat menjadi KSAL.

Diketahui KSAL Yudo Margono ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Secara normatif, Pati TNI AL berpangkat Laksamana Madya mempunyai peluang untuk dipromosikan menjadi KSAL.

Menurut Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) sekaligus pengamat militer, Anton Aliabbas, sejauh ini setidaknya ada 9 nama Pati TNI AL berpangkat Laksamana Madya.

Lantas berikut daftarnya:

1. Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro
Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro (Istimewa)

Baca juga: Pengamat Ungkap 5 Isu Publik yang Harus Diperhatikan DPR Saat Fit and Proper Test Yudo Margono

Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro merupakan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dari tahun 2020 hingga saat ini.

Sebelumnya dirinya menjadi Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal), melansir pushidrosal.id.

Sebelum menjabat Kapushidrosal, ia menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI.

Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) XXXII tahun 1987 dan merupakan lulusan terbaik peraih Satya Lancana Adhy Makayasa.

Dirinya menerima penghargaan Alexander Dalrymple Award oleh United Kingdom Hyrdrographic Office (UKHO).

Penghargaan tersebut diberikan oleh National Hydrographer (UKHO) Rear Admiral Rhett Hatcher di Mako Pushidrosal Ancol Jakarta Utara pada Jumat (26/8/2022).

2. Laksamana Madya TNI Aan Kurnia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima laporan penyerahan jabatan Deputi Bidang Informasi, Hukum dan Kerja Sama (Inhuker) Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S dan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi Direktur Litbang Kamla Laksma Bakamla Daru Prajogo di Aula II, Mabes Bakamla, kemarin.

 

Penyerahan jabatan Deputi Inhuker dilakukan karena Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S yang akan menjalani masa pensiun. Disamping itu Direktur Litbang Kamla Laksma Bakamla Daru Prajogo resmi menyandang pangkat Laksma Bakamla yang sebelumnya berpangkat Kolonel Bakamla.

 

Dalam sambutannya Kepala Bakamla RI memberikan apresiasi, dan terimakasih atas jasa, tenaga, pikiran yang dikerahkan Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S selama berdinas di Bakamla RI.
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima laporan penyerahan jabatan Deputi Bidang Informasi, Hukum dan Kerja Sama (Inhuker) Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S dan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi Direktur Litbang Kamla Laksma Bakamla Daru Prajogo di Aula II, Mabes Bakamla, kemarin. Penyerahan jabatan Deputi Inhuker dilakukan karena Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S yang akan menjalani masa pensiun. Disamping itu Direktur Litbang Kamla Laksma Bakamla Daru Prajogo resmi menyandang pangkat Laksma Bakamla yang sebelumnya berpangkat Kolonel Bakamla. Dalam sambutannya Kepala Bakamla RI memberikan apresiasi, dan terimakasih atas jasa, tenaga, pikiran yang dikerahkan Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S selama berdinas di Bakamla RI. "Selama berdinas di Bakamla RI Laksda Bakamla Angga sudah memberikan hasil dan kemajuan yang banyak kepada Bakamla RI," ujar Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia. Tak lupa Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengucapkan selamat kepada Direktur Litbang atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Besar harapan agar Laksma Daru dapat berkarya dan dapat memajukan Bakamla lebih baik lagi. //BAKAMLA RI (TRIBUNNEWS.COM/BAKAMLA RI)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved