Terima Kasih JKN, Berobat Tak Keluar Biaya Sepeserpun

Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dirasakan manfaatnya oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya Maria Lipat Boli.

Editor: Content Writer
Istimewa
Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dirasakan manfaatnya oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya Maria Lipat Boli (21). 

TRIBUNNEWS.COM, LEMBATA – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dirasakan manfaatnya oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya Maria Lipat Boli (21). Ia mengaku pernah dirawat karena luka operasinya bermasalah.

Sebelumnya, Maria sempat menjalani operasi usus buntu di rumah sakit, namun beberapa hari kemudian luka operasinya tidak membaik.

“Syukurnya saya sudah jadi peserta JKN, jadi dari awal berobat sampai dengan sekarang tidak mengeluarkan biaya pribadi. Apalagi saya seorang ibu rumah tangga yang harus memutar otak untuk mencukupi biaya sehari-hari keluarga dengan pendapatan suami yang tidak menentu. Program JKN ini sangat membantu saya,” ujar Maria yang masih terbaring di tempat tidur rumah sakit, Selasa (01/11/2022).

Maria menceritakan kejadian saat ia harus dirawat kembali ke rumah sakit. Pada saat itu, ia diizinkan dokter untuk pulang karena kondisi sudah membaik.

Namun dalam proses penyembuhan, Maria tidak mengonsumsi makanan sesuai anjuran dokter sehingga proses penyembuhan lukanya berjalan kurang optimal, bahkan hingga terasa sangat nyeri dan keluar nanah.

Warga Waikomo, Kabupaten Lembata yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini bersyukur sekali, sebab biaya pengobatannya telah terjamin Program JKN.

Ia juga dilayani dengan baik oleh para tenaga medis tanpa dibeda-bedakan dengan pasien lainnya yang berobat menggunakan uang sendiri.

“Terima kasih kepada pemerintah karena telah memberikan kesempatan saya untuk menjadi peserta Program JKN secara gratis. Berobat keluar masuk rumah sakit jadi tidak mengeluarkan biaya. Semoga program ini terus ada dan bisa membantu semua masyarakat seperti kami,” ungkap Maria. (ay/si)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved