Pergantian Panglima TNI

Hari Ini Yudo Margono Jalani Uji Kelayakan, DPR Cecar Soal Disiplin TNI dan Profesionalisme Prajurit

TB Hasanuddin prediksi bakal ada 5 pertanyaan yang bakal jadi fokus Komisi I dalam uji kelayakan yakni disiplin dan profesionalisme prajurit.

Penulis: Chaerul Umam
Twitter TNI AL
Laksamana TNI Yudo Margono, KSAL yang menjadi kandidat kuat Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. TB Hasanuddin prediksi bakal ada 5 pertanyaan yang bakal jadi fokus Komisi I dalam uji kelayakan yakni disiplin dan profesionalisme prajurit. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi I DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI pada hari ini Jumat (2/12/2022).

Pada tahap pertama akan dilaksanakan verifikasi administrasi pada pukul 10.00 WIB.

Setelah itu, pada pukul 13.30 WIB akan dimulai tahap uji kelayakan Yudo Margono.

Di tahap ini, Yudo Margono diberi waktu 30 menit untuk menyampaikan visi dan misi menjadi calon Panglima TNI.

"Kemudian dilanjutkan pendalaman oleh masing-masing fraksi tujuh menit dari tiap-tiap fraksi," kata Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (1/11/2022).

Legislator PDI Perjuangan itu memprediksi ada sejumlah pertanyaan yang bakal menjadi fokus Komisi I dalam uji kelayakan nanti.

Pertama, kata TB Hasanuddin, bagaimana upaya Panglima TNI menjaga dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI yang kalau menurut data yang ada akhir-akhir ini sedikit menurun.

"Kedua, bagaimana upaya Panglima TNI dalam usaha menyelesaikan Renstra ke III MEF," ujarnya.

Ketiga, kata TB Hasanuddin, bagaimana upaya Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI melalui latihan dan pendidikan, terutama dalam rangka menghadapi ancaman aktual .

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa: Tantangan Untuk Pak Yudo Margono Banyak, Ruang Perbaikan Selalu Ada

Keempat, bagaimana upaya Panglima TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prajurit.

"Kemudian, bagaimana sikap Panglima TNI agar prajurit TNI tetap netral dan tak berpolitik sesuai dengan aturan perundang-undangan mengingat pesta politik seperti Pilpres, Pileg, dan Pilkada semakin dekat," ucapnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved