Menpan-RB: Reformasi Birokrasi Perlu Lincah dan Cepat

Reformasi birokrasi dan pelayanan publik di Indonesia harus berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Editor: Choirul Arifin
dok. Kemenpan RB
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyerahkan langsung penghargaan kepada Kepala LKPP Hendrar Prihadi di Jakarta, Selasa (6/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menekankan perlunya komitmen serius agar dapat menciptakan tatanan birokrasi kelas dunia melalui reformasi birokrasi.

"Reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas tapi birokrasi yang lincah dan cepat untuk mewujudkan pelayanan publik prima dan pemerintahan berkelas dunia," ujar Abdullah Azwar Anas saat memberikan sambutan di acara pemberian penghargaan kategori Top 45 Inovasi Pelayanan Publik peningkatan ketahanan UMK-Koperasi dan Produk Dalam Negeri dengan Toko Daring, kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dia menjelaskan, reformasi birokrasi dan pelayanan publik di Indonesia harus berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo tentang reformasi birokrasi.

Azwar Anas menambahkan, penghargaan yang diberikan telah dilakukan melalui penilaian yang sangat rigid dari serangkaian proses evaluasi.

Mencakup evaluasi Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Baca juga: Pimpin LKPP, Hendrar Prihadi Hapus Belasan Ribu Produk Impor dari E-Katalog

Sementara itu, evaluasi di bidang pelayanan publik mencakup Indeks Pelayanan Publik (IPP), penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan, serta inovasi pelayanan publik. 

Dalam kesempatan itu, Kepala LKPP Hendrar Prihadi mengatakan akan terus memotivasi seluruh pegawai LKPP untuk melakukan berbagai inovasi sehingga muncul berbagai pelayanan yang cepat dalam menjawab pengaduan dan pertanyaan terkait LKPP.

Baca juga: Tugas dan Fungsi LKPP, Lembaga yang Kini Dipimpin Hendrar Prihadi

"Saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan LKPP atas diraihnya penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian PAN RB. Saya hanya mewakilkan, rekan-rekan yang menerima penghargaan atas kerja keras selama ini," kata dia.

Penulis : Ade Miranti Karunia | Sumber: Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved