Breaking News:

Tiga Tahun Cuci Darah, Seluruh Biaya Ditanggung BPJS Kesehatan

Farida Dauda (42) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang tinggal di Kota Balikpapan.

Editor: Content Writer
Istimewa
arida Dauda (42) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang tinggal di Kota Balikpapan. Sebagai peserta JKN, dirinya sangat amat merasakan manfaat adanya Program JKN ini. Hal tersebut dirasakannya selama tiga tahun belakangan ini, yaitu pada saat dirinya diharuskan untuk melakukan tindakan hemodialisis atau cuci darah secara rutin. 

TRIBUNNEWS.COM – Farida Dauda (42) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang tinggal di Kota Balikpapan.

Sebagai peserta JKN, dirinya sangat amat merasakan manfaat adanya Program JKN ini. Hal tersebut dirasakannya selama tiga tahun belakangan ini, yaitu pada saat dirinya diharuskan untuk melakukan tindakan hemodialisis atau cuci darah secara rutin.

Ditemui saat melakukan hemodialisis, ia menyampaikan jika tidak ada Program JKN mungkin dirinya tidak dapat melakukan pengobatan tersebut.

“Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya BPJS Kesehatan ini, kalau tidak ada BPJS Kesehatan mungkin saya tidak akan bisa berobat. Kita juga sama-sama tahu, biaya cuci darah kan tidak murah, apalagi saya harus cuci darah sebanyak dua kali dalam seminggu,” ujar Farida.

Ia menambahkan, kehadiran Program JKN ini dapat membantu keuangan keluarga. Dirinya menyebutkan jika memang harus menggunakan biaya sendiri pasti sangat berat. Apalagi, dirinya harus membagi untuk keperluan lainnya.

“Kalau tidak ada BPJS Kesehatan mau bagaimana lagi, belum lagi biaya anak untuk kuliah, belum untuk biaya anak sekolah dan keperluan lainnya. Maka dari itu, saya sangat bersyukur dengan adanya BPJS Kesehatan ini,” lanjut Farida.

Selain manfaat pelayanan cuci darah, manfaat Program JKN ia rasakan juga pada saat melakukan proses persalinan. Menurutnya, seluruh biaya persalinan dijamin oleh BPJS Kesehatan.

“Selain ini, saya dulu lahiran menggunakan BPJS Kesehatan juga, sampai anak saya dilakukan perawatan selama tiga bulan. Saya tidak mengeluarkan uang sepeserpun, semua biayanya dijamin oleh BPJS Kesehatan,” ujar Farida

Ia juga sangat mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit, pelayanannya tidak sulit. Beberapa kali dirinya mendapatkan pelayanan hampir tidak ada kendala apapun.

“Pelayanan dari petugas di rumah sakit sudah baik, sampai-sampai sudah seperti keluarga sendiri. Administrasinya juga tidak sulit, cukup menggunakan finger print lalu tanda tangan dan langsung ditangani. Mudah-mudahan pelayanannya semakin baik dan BPJS Kesehatan terus memberikan manfaat kepada masyarakat seperti saya,” tutup Farida. (*)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved