Perkuat Daya Saing Konten Metaverse, SM Entertainment Tandatangani MoU dengan Universitas Cheonggang

Dalam penandatanganan MOU ini keduanya akan mengadakan kerja sama dalam perencanaan dan kolaborasi program terkait konten Metaverse

tangkap layar dari bbc.com
Ilustrasi metaverse. Perkuat Daya Saing Konten Metaverse, SM Entertainment Tandatangani MOU dengan Universitas Cheonggang 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan hiburan Korea Selatan, SM Entertainment menandatangani kerjasama industri-akademik dengan perguruan tinggi teknik swasta Cheonggang College of Cultural Industries pada Rabu (26/1/2022), untuk memperkuat daya saing dalam industri metaverse dan konten budaya.

Dilansir dari akun facebook resmi SM Entertaiment Indonesia @smtown.idn, penandatanganan ini berlangsung di kantor baru SM Entertainment yang berlokasi di Seongsu-dong, Seoul, Korea Selatan yang dihadiri CEO SM Entertainment, Lee Sung Soo dan COO SM Entertainment Tak Young Jun serta, serta presiden Universitas Cheonggang, Hwang Bong Seok.

Dalam penandatanganan MOU ini keduanya akan mengadakan kerja sama dalam perencanaan dan kolaborasi program terkait konten Metaverse, mendidik bakat yang diperlukan dalam pengembangan industri konten budaya serta pemanfaatan fasilitas dan sumber daya untuk pengembangan proyek bersama.

Baca juga: Warner Music Group akan Menggelar Konser Virtual di Sandbox Metaverse

Kerja sama ini juga diharapkan dapat memperkuat kurikulum pendidikan terkait pembuatan konten dan pengalaman baru kepada siswa.

CEO SM Entertaiment, Lee Sung Soo berharap jika kerja sama ini dapat mengembangakan talenta di bidang konten digital.

“Di tengah pengaruh K-contents yang berkembang di seluruh dunia, kami berharap Universitas Cheonggang yang mengembangkan talenta di bidang konten digital, seperti game, webtoon, dan animasi, dan SM Entertainment yang memiliki kekuatan dalam produksi musik dan artis berdasarkan Culture Technology akan bertemu untuk bekerja sama di berbagai bidang yang terkait dengan metaverse di kemudian hari,” kata Sung-su Lee

COO SM Entertaiment, Tak Young Joon juga mengungkapkan jika Universitas Cheonggang memiliki tujuan yang sama dengan perusahaannya untuk menciptakan berbagai konten digital seperti fashion, makanan dan seni pertunjukan. SM Entertaiment juga menantikan kolaborasi keduanya dalam proyek CAWMAN (Cartoon, Animation, Web-toon, Motion graphic, Avatar, Novel) yang dibuat oleh Executive Producer SM Entertaiment sekaligus legenda hiburan Korea Selatan Lee Soo Man.

SM Entertaiment diketahui telah menciptakan konten IP Metaverse dengan menghubungkan dan mengembangkan berbagai bentuk IP unik, seperti artis, musik, video musik, dan penampilan melalui SM Culture Universe atau SMCU, yang berisi konten metaverse masa depan.

Perusahaan hiburan yang beridiri sejak tahun 1995 ini menargetkan dunia hiburan masa depan dapat terhubung dengan budaya, tanpa terbatas pada dunia nyata dan virtual.

Baca juga: Tingkatkan Layanan, Perbankan Nasional Bakal Terapkan Teknologi Metaverse

SM Entertaiment mengeluarkan proyek ‘SMTOWN 2022 : SMCU EXPRESS’, pada Desember 2021 lalu yang menyajikan album, pameran, dan konser, untuk memperlihatkan konten masa depan berupa metaverse.

Awal tahun baru 2022, SM Entertaiment juga mengadakan konser gratis selama 3,5 jam dengan menerapkan konsep SMCU EXPRESS@KWANGYA, yang diisi oleh artis dan penyanyi K-Pop terkenal yang bernaung di agensi tersebut seperti Super Junior, NCT, Red Velvet dan Aespa.

Kwangnya merupakan negara metaverse ciptaan SM Entertainent dan pertama kali diperkenalkan dalam konsep SMCU, yaitu proyek yang memungkinkan penggemar berinteraksi dengan metaverse berkonsep futuristik dan bisa menemukan cerita unik dari setiap artis yang ada.

KOMENTAR

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved