Masa Depannya Cerah Ini Lokasi Penambangan Kripto Paling Populer di Rusia

Dalam penelitiannya, perusahaan ini mengatakan minat untuk membuka penambangan mata uang digital telah meningkat di Rusia.

Shutterstock
Ilustrasi aset kripto 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Rusia memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi pemimpin dalam industri penambangan kripto termasuk biaya listrik yang murah, kapasitas pembangkit listrik yang memadai dan infrastruktur energi yang berkembang baik di banyak wilayahnya.

Melansir dari Bitcoin News, faktor-faktor tersebut diungkapkan oleh Intelion Data System, yaitu importir peralatan pertambangan kripto.

Dalam penelitiannya, perusahaan ini mengatakan minat untuk membuka penambangan mata uang digital telah meningkat di Rusia.

Baca juga: Jual Aset Kripto hingga 75 Persen, Tesla Mengaku Masih Punya Bitcoin Senilai 222 Juta Dolar AS

Menurut CEO Intelion Data System, Timofey Semyonov mengungkapkan tugas utama perusahaan penambangan kripto adalah memilih lokasi yang tepat karena dapat berpengaruh terhadap investasi yang didapat. Semyonov menambahkan, tarif listrik dan pembangkit yang mencukupi juga menjadi kriteria utama.

Dalam studinya, Intelion Data System menemukan tempat yang paling populer untuk penambangan kripto di Rusia pada tahun 2021 adalah ibu kota Moskow dan Oblast Moskow, Karelia, Buryatia, serta wilayah Sverdlovsk, Murmansk, dan Irkutsk, Wilayah Krasnoyarsk, dan Republik Khakassia.

Irkutsk, Sverdlovsk dan Murmansk, Republik Khakassia, dan Wilayah Krasnoyarsk, banyak dipilih oleh penambang kripto karena volume listrik yang dihasilkan di wilayah tersebut mencukupi, tidak hanya untuk memenuhi permintaan tetapi juga memungkinkan untuk menghubungkan lebih banyak konsumen tanpa membebani jaringan distribusi.

Sementara Moskow dan wilayah lain yang letaknya berdekatan dengan ibu kota Rusia ini, banyak dipilih karena keunggulan logistiknya.

Intelion Data System mengatakan dalam penelitiannya, pertambangan kripto dapat memberikan solusi ekonomis untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas pembangkit di Rusia.

Penambangan mata uang kripto juga dapat memperluas penyebaran infrastruktur IT di Rusia, meningkatkan penerimaan anggaran untuk wilayahnya dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sementara penambangan Bitcoin menjadi salah satu aktivitas kripto yang masih menunggu regulasi di Rusia.

Baca juga: Resmi Listing di Platform Bybit Asal Singapura, KunciCoin Perluas Market Kripto ke Ranah Global

Cambridge Institute for Alternative Finance memperkirakan penambangan Bitcoin di Rusia mengendalikan hampir 5 persen dari hashrate global bulanan.

Sebagian besar pejabat Rusia setuju bahwa pertambangan kripto harus diakui sebagai kegiatan industri dan dikenakan pajak yang sesuai.

Sementara itu, sektor pertambangan Rusia telah menjadi target sanksi Amerika Serikat, menyusul invasi Moskow ke Ukraina.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved