WIFI Implementasikan Ekosistem Metaverse Transportasi, Bidik 20 Juta Pengguna

Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) secara resmi meluncurkan ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse.

Editor: Sanusi
HO
PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) secara resmi meluncurkan ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) secara resmi meluncurkan ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse.

Dalam pengembangan ekosistem ini, perseroan bekerja sama dengan Fromlabs Pte Ltd dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture).

CEO WIFI Hermansjah Haryono mengatakan, MyVerse mengusung konsep metaverse yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat tanpa harus menggunakan perangkat khusus (wearable device) untuk berselancar di ekosistem MyVerse.

Baca juga: Masuki Era Metaverse, Motivator hingga Politisi Saling Berlomba Ciptakan Dunia Virtual Baru  

"Aset digital yang dibangun merupakan visualisasi dari aset yang sebenarnya pada kehidupan nyata, sehingga diharapkan menjadi jembatan antara realitas dan dunia virtual," ujar Hermansjah dalam keterangannya, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, pengguna MyVerse bisa mendapatkan informasi secara real time, melakukan komunikasi antar-pengguna, aktivitas komunitas, perdagangan, aktivitas gamifikasi yang menarik, serta bisa menjadi wadah media periklanan dan hiburan yang atraktif.

Dengan dukungan infrastruktur serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta yang mencapai 64 Tbps dan Edge Data Center (EDC) di puluhan lokasi untuk kebutuhan Content Delivery Network, diharapkan hal ini dapat memberikan experience terbaik bagi pengguna MyVerse.

"Peluncuran MyVerse versi beta untuk publik ini merupakan tahap awal untuk mendorong peningkatan ekonomi kreatif digital Indonesia. Seluruh kalangan masyarakat dapat memanfaatkan ekosistem digital ini," ujar Hermansjah.

Baca juga: Sambut Metaverse,  Lenovo Rilis Headset Thinkreality VRX

Ia menyebut, pengembangan ekosistem di dunia metaverse bukan pekerjaan mudah, karena diperlukan latency konektivitas yang rendah dalam memberikan experience bagi pengguna.

Pada tahap awal, target potensi pengguna MyVerse adalah 20 juta pengguna moda transportasi berbasis rel maupun publik yang selama ini menikmati layanan-layanan dari Surge.

Dia berharap, MyVerse bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap total pendapatan WIFI.

Sementara itu, CEO Fromlabs, Indra Wijaya mengatakan, saat sejumlah entitas di Indonesia masih dalam tahap pemikiran dan uji coba, kerja sama ini sudah menghasilkan produk nyata yang bisa mendidik dan membantu masyarakat ke ekonomi digital Web 3.0.

"Dengan platform Our3D Space kami telah memperluas jangkauan dan manfaat dari metaverse ke masyarakat umum Indonesia yang lebih luas. FromLabs siap untuk mendukung pengembangan MyVerse yang lebih atraktif ke depan," ujar Indra.

Seperti diketahui, pada tahap sebelumnya MyVerse telah diujicobakan di berbagai komunitas kereta commuter Jabodetabek.

Surge (brand produk WIFI) juga telah berkolaborasi dengan 36 brand untuk tahap awal pemanfaatan ekosistem MyVerse mulai dari industri ritel, pendidikan, serta keuangan dan investasi.

"Hari ini kami bersama Surge dan Fromlabs menghadirkan MyVerse sebagai pengalaman baru dalam menikmati keseharian melalui dunia virtual. Kami percaya bahwa adopsi massal menjadi poin utama dalam memberikan keunggulan kompetitif dari ekosistem digital MyVerse," kata CEO Futurphuture, Jeremy Quek.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved