Indonesia International Motor Show 2013

Air Bag Anda Pecah? Ini Harga Spare Part Tiap Merk Mobil

agaimana jika air bag tersebut pecah? Masing-masing merk mobil menawarkan harga berbeda untuk penggantian air bag.

Air Bag Anda Pecah? Ini Harga Spare Part Tiap Merk Mobil
net
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mobil-mobil keluaran baru saat ini seperti berlomba-lomba meningkatkan fitur  keamanan bagi pengendara, terutama jika terjadi kecelakaan. Satu di antaranya adalah menyediakan air bag, yang berfungsi untuk melindungi pengemudi maupun penumpang dari kecelakaan parah.

Namun bagaimana jika air bag tersebut pecah? Masing-masing merk mobil menawarkan harga berbeda untuk penggantian air bag. Misalnya Toyota, yang membanderol spare part air bag seharga Rp 20 juta.

"Sebenarnya tidak memungkinkan diganti karena mahal. Selama ini belum pernah (ada air bag pecah). Kalau ganti, Rp 20 juta. Itu tidak dijual umum, harus lewat dalam," kata Nucholis kepada Tribun, seorang sales di booth Toyota dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Minggu (29/9/2013).

Sementara itu, Honda membanderol spare part air bag yang pecah seharga Rp 15 juta. "Bisa, ada spare partnya untuk semua tipe. Harganya Rp 15 juta," kata seorang sales Honda.

Sedangkan Daihatsu, jika air bag terbuka dan ingin mengembalikannya normal lagi, maka harus merogoh kocek sebesar Rp 1,5 juta. Namun tak diterangkan berapa harga bila harus mengganti air bag yang pecah. "Satu set Rp 1,5 juta. Beli angin sama pompanya. Di Astra Sunter sudah ada," kata Lukman, seorang sales di both Daihatsu.

Untuk merk Suzuki, jika air bag pecah maka harus menyiapkan Rp 10 juta untuk menggantinya. "Klaim dulu ke bengkel resmi, karena itu pesan di Tambun. Harganya Rp 10 juta," ujar seorang sales Suzuki.

Sama seperti Suzuki, Chevrolet juga membanderol spare part air bag yang pecah seharga Rp 10 juta. "Bawa ke bengkel resmi, sekitar Rp 10 juta (harga spare part air bag)," ujar seorang sales Chevrolet, Zulkifli.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved