IIMS 2015

SPG Hanya Bawa Diri, Make Up dan Tata Rias Rambut Rp 350 Ribu Ditanggung Agency

Di ruangan yang cukup sempit itu, para SPG harus berdesak-desakan saling bergantian melakukan make up ataupun menata rambut.

Editor: Dewi Agustina
Tribunnews/JEPRIMA
Para sales Promotion Girls (SPG) dari booth Nissan melakukan persiapan untuk bekerja menjadi pemandu kendaraan yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/8/2015). Mereka diberikan ruang khusus untuk marias diri agar terlihat cantik dan menarik. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para sales promotion girls (SPG) dituntut berpenampilan menarik saat menjalankan tugasnya. Wajah yang penuh riasan, rambut yang tertata rapi dan kostum yang menarik menjadi syarat utama para SPG saat menjalankan profesinya.

Butuh waktu yang cukup lama untuk para SPG menyiapkan diri sebelum tampil di depan umum guna mendampingi sebuah produk. Mereka harus make up hingga menata rambut agar terlihat menarik.

Tribunnews.com berkesempatan melihat persiapan para SPG sebuah APM yang ikut serta dalam IIMS 2015 sebelum menjalankan tugasnya. Para SPG melakukan persiapan di sebuah ruangan ukuran 2,5x2,5 meter yang berada di belakang booth APM.



Di ruangan yang cukup sempit itu, para SPG harus berdesak-desakan saling bergantian melakukan make up ataupun menata rambut. Kebetulan, saat Tribunnews.com datang shift kedua SPG sedang melakukan persiapan.

Para SPG yang datang lebih dulu tentu akan dirias ataupun ditata rambutnya lebih awal. Mereka yang datang belakangan menunggu di kursi yang telah tersedia sambil memainkan gadget yang dimilikinya.

Siska, koordinator SPG mengatakan, dalam setiap shiftnya ada 9 sembilan orang SPG yang bertugas. Menurutnya,  sembilan orang itu diberikan kesempatan make up atau menata rambut selama kurang lebih dua jam secara bergantian.

"Waktu yang kita sediakan dua jam. Jadi kalau mereka terlambat berarti waktu make up-nya terpotong," kata Siska, Jumat (28/8/2015).

Menurut Siska, para SPG tidak perlu repot dalam mempersiapkan diri sebelum bertugas. Pasalnya agency telah menyiapkan tenaga ahli untuk membantu para SPG melakukan make up ataupun penataan rambut.

"Make up artistnya dan penata rambut sudah kami siapkan. Kostum juga sudah kami siapkan. Mereka (SPG) tinggal bawa diri saja," tuturnya.

Masih kata Siska, untuk biaya make up dan menata rambut para SPG itu tergolong besar. Dia menyebut untuk satu orang SPG dalam melakukan make up ataupun penataan rambut menghabiskan uang sebesar Rp 350 ribu.

"Dana tersebut sudah ditanggung oleh agency. Kami tidak memotong fee mereka untuk make up," ujarnya.

Setelah SPG selesai make up, menata rambut serta memakai seragam, mereka siap menjalankan tugasnya. Para SPG harus senantiasa melemparkan senyum kepada pengunjung pameran yang melewati booth yang dijaganya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved