Mitsubishi Colt Diesel: Ulet Diajak Mencari Uang, Tangguh Taklukkan Berbagai Medan

Mitsubishi Colt Diesel. Mendengar nama Colt Diesel, Agus Sulaeman langsung terbawa ke kehidupan masa kecilnya dulu sekitar tahun 1970-an.

Mitsubishi Colt Diesel: Ulet Diajak Mencari Uang, Tangguh Taklukkan Berbagai Medan
mitsubishi-bandung.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mitsubishi Colt Diesel. Mendengar nama Colt Diesel, Purwanto langsung terbawa ke kehidupan masa kecilnya dulu sekitar tahun 1970-an.

Purwanto tinggal di sebuah kampung di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur yang kebetulan banyak penduduknya berprofesi tukang membuat batu bata. Otomatis, tiap hari Purwanto sangat akrab dengan proses pembuatan batu bata.

Bahkan hampir tiap hari Purwanto memanfaatkan 'pabrik' batu bata sebagai tempat bermain, apakah itu main tanah liat atau membantu mengurus sekam yang akan digunakan sebagai bahan bakar.

Dari situlah, Purwanto kemudian akrab dengan Colt Diesel. Bagaimana tidak, Colt Diesel tidak hanya dijadikan sarana untuk mengangkut batu bata dari 'pabrik' sampai ke pembeli, tapi Colt Diesel sudah hadir sejak batu bata baru akan diproses bakar.

Ya, Colt Diesel lah yang membawa sekam-sekam itu dari pabrik beras (selep) ke tempat pembuatan batu bata.Tapi bukan itu yang membuat Purwanto terkesan dengan Colt Diesel.

Sebagai anak kecil saat itu, Purwanto memang tidak mendapat bayaran saat berkecimpung di tempat pembuatan batu bata.

"Tapi sebagai upah dari aktivitasku membantu merapikan karung-karung bekas sekam, aku dan teman-teman kecilku lainnya, diajak bolak-balik naik di bak Colt Diesel ke tempat pembuatan batu bata. Tidak hanya sekali, tapi kami bisa bolak-balik dan naik turun Colt Diesel melewati jalan-jalan kampung dengan penuh ceria," begitu Purwanto membuka cerita lamanya yang berkesan tentang kendaraan niaga Colt Diesel.

"Kami tidak hanya menikmati perjalanan itu, tapi kami juga mengagumi Colt Diesel sebagai kendaraan (truk) multi guna. Karena hampir semua lini kehidupan di kampung saat itu, terutama yang menyangkut pengangkutan hasil-hasil pertanian, Colt Diesel lah yang muncul terdepan. Bahkan bila tim sepakbola kampungku bertanding keluar kampung, tidak ada pilihan lain selain Colt Diesel," tutur Purwanto.

Itulah sepenggal kecil cerita masa lalu Purwanto dan perkenalan pertama dengan Colt Diesel. Kini setelah 40 tahun lebih, Colt Diesel tetap membuktikan eksistensinya. Bahkan dengan ketangguhan dan kelincahannya, Colt Diesel selalu ada di setiap lini industri dan perekonomian di semua sektor kehidupan.

Tak salah bila awal tahun 2017 ini, Colt Diesel meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas pencapaian truk terbanyak dengan 1 juta unit. Penghargaan itu sekaligus pengakuan bahwa Colt Diesel adalah kendaraan terbaik dan tertangguh di kelasnya dalam 40 tahun terakhir.

Halaman
12
Penulis: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved