Breaking News:

Mobil Listrik

Asyiknya Menjajal Mobil Listrik PLN: Si Mungil yang Melaju Senyap Tanpa Suara

"Butuh waktu rata-rata 4 jam penuh untuk melakukan pengisian daya, tapi sekarang sedang dikembangkan teknologi fast charging"

TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Inilah mobil listrik berbodi mungil seukuran Karimun Wagon R yang dijajal Tribunnews.com hari ini di Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) TMII, Jakarta Timur hari ini, Rabu (23/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Bagaimana rasanya naik mobil listrik? Mungkin Anda masih menduga-duga bagaimana rasanya menjajal mobil ramah lingkungan tersebut.

Tribunnews.com berkesempatan menjajal mobil listrik yang ada di Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) TMII, Jakarta Timur hari ini, Rabu (23/8/2017).

Dimensi mobil listrik dengan plat nomor "B mleb 15" ini tidak terlalu besar, seperti mobil Suzuki Karimun Wagon R, namun sudah dimodifikasi dari aspek drivetrain dan interiornya.

Ketika melaju, mobil ini berjalan senyap, dengan suara mesin yang nyaris tak terdengar, namun bisa terus melaju dengan mulus di jalan dengan rata-rata kecepatan 40 km/jam. Namun, menurut Manajer Niaga PLN Distribusi Jakarta Raya, Leo Basuki, maksimum kecepatan mobil listrik ini 100 km/jam.

Pantauan Tribunnews.com, interior mobil listrik ini tidak jauh berbeda dengan mobil berbahan bakar minyak pada umumnya. Hanya saja, di indikator kondisi baterai terletak persis di sebelah kanan kemudi.

Indikator baterai itu menunjukkan kondisi baterai mulai dari 10 persen dengan warna merah sampai full charge yang berwarna hijau.

"Butuh waktu rata-rata 4 jam penuh untuk melakukan pengisian daya, tapi sekarang sedang dikembangkan teknologi fast charging. Jadi 40 menit bisa full charge," jelas Leo.

Mobil listrik PLN
Inilah mobil listrik berbodi mungil seukuran Karimun Wagon R yang dijajal Tribunnews.com hari ini di Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) TMII, Jakarta Timur hari ini, Rabu (23/8/2017).

Bagaimana isi dayanya? Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini di wilayah Jakarta saat ini telah terpasang di 542 titik sejak awal diluncurkan sejak Agustus 2016.

Ada pun, transmisi yang dibenamkan dalam mobil yang dibanderol seharga Rp.150 sampai Rp.200 juta ini otomatis, jadi sangat memudahkan pengguna.

Halaman
12
Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved