Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Taruh Helm di Tangki Motor

Bagi para pengendara sepeda motor, helm merupakan perlengkapan penting untuk melindungi kepala saat berkendara.

Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Taruh Helm di Tangki Motor
HANDOUT
Line up grafis terbaru dari KYT Helmets KR-1 dan NF-R saat diperkenalkan di acara 'Meet and Greet' fans dengan pebalap Moto2 yang digelar PT Tiara Kusuma Indah di Sirkuit Sepang, Malaysia, 29 Oktober 2017. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi para pengendara sepeda motor, helm merupakan perlengkapan penting untuk melindungi kepala saat berkendara.

Nah, bagi yang sering sembarangan menaruh helm di atas tangki bensin, apalagi ketika motor masih dalam suhu panas, mulai sekarang jangan dibiasakan ya.

Seperti dijelaskan Imas Prayogo, Kepala Toko Prime Gears, Distributor Helm Arai Indonesia (Cargloss Group), kebiasaan menaruh helm di atas tangki bensin motor bisa merusak komponen helm.

"Sebaiknya jangan menaruh di atas tangki, walaupun tangki tertutup tapi uap bensin tetap keluar dan bisa merusak helm," kata Imas saat ditemui GridOto.com, di FX Sudirman, Jakarta Pusat (15/11). 

Baca: Sabar Tunggu Barang Diskonan Kunci Warren Buffet Jadi Orang Tajir

Nah, bila uap bensin sudah masuk dan melekat di bagian dalam helm, komponen bahan busa dan styrofoam dalam jangka panjang kualitasnya akan menurun.

"Jika bagian busa dan EPS atau styrofoam rusak dikhawatirkan performa helm untuk melindungi kepala dari benturan atau kecelakaan berkurang," terangnya.

Selain itu bau bensin yang meresap ke dalam helm bisa membuat penggunanya mual saat berkendara.

"Busa helm kan terdapat pori-porinya sehinga uap bensin bisa meresap dan melekat," imbuhnya.

Imas juga menyarankan saat helm sedang tidak dipakai, saat menaruhnya dibuka saja kacanya agar tidak lembab.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved