Tiga Unit Bus Maxi Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Diluncurkan untuk Layani Trayek Sumatera

Peluncuran 3 unit bus dengan tiga axle dengan panjang mencapai 13 meter ini dilakukan awal pekan ini di markas perusahaan otobus ini di Kota Bengkulu

Tiga Unit Bus Maxi Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 Diluncurkan untuk Layani Trayek Sumatera
HO
Suasana peluncuran tiga unit bus maxi Mercedes-Benz OC500RF 2542 PT SAN Putra Sejahtera di Bengkulu, Senin (12/2/2018). Tiga unit bus ini merupakan bagian dari paket pembelian 8 unit bus maxi oleh perusahaan otobus ini untuk trayek Jawa-Sumatera. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penglaju lintas Pulau Sumatera-Jawa atau sebaliknya yang gemar melakukan perjalanan darat kini punya pilihan baru naik bus malam dengan layanan premium. PT SAN Putra Sejahtera baru saja meluncurkan 3 unit bus maxi Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk melayani penumpang di rute-rute sejumlah kota di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Peluncuran 3 unit bus dengan tiga axle dengan panjang mencapai 13 meter ini dilakukan awal pekan ini di markas perusahaan otobus ini di Kota Bengkulu awal pekan ini.

Baca: Penjelasan Jasa Marga Soal Aturan Ganjil Genap di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur Mulai 12 Maret 

Baca: Chassis R260 Jadi Tulang Punggung Penjualan Bus Hino di Tahun 2017

Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan dalam keterangan persnya kepada Tribunnews, Jumat (23/2/2018) mengatakan, peluncuran tiga unit bus maxi Mercedes-Benz OC500RF 2542 ini merupakan tahap pertama dari rencana pengoperasian delapan unit bus Maxi 3-Axle yang akan melayani rute Bengkulu, Pariaman, Pekanbaru.

"Peluncuran ini mengukuhkan diri sebagai operator bus pertama di Indonesia yang mengoperasikan bus premium antar pulau," kata Sani.

Sani menambahkan, peluncuran bus premium ini juga untuk mengantisipasi persaingan antar moda angkutan umum yang semakin ketat saat ini.

“Menghadapi persaingan antar moda, jujur itu tidak mudah. Tapi ini menjadi tantangan kami. Sehingga dengan kehadiran bus ini kami berharap kami bisa tetap eksis memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan kami,” kata Sani.

"Kita nanti mengoperasikan 8 unit bus maxi. Tiga unit sudah kita hand over kemariin akan kita operasikan untuk trayek Bengkulu-Padang-Pariaman PP. Sementara 5 unit lagi akan melayani trayek Pasir Pangaraian-Pekan Baru-Jambi-Palembang-Jakarta-semarang-Solo-Tulung Agung PP," jelas Sani kepada Tribunnews, pagi ini.

Bus Maxi 3-Axle sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2014 lalu. Perusahaan bus di Sumatera tercatat menjadi yang pertama membeli chassis bus premium, yakni PO Kurnia yang melayani trayek di Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam.

Chassis bus ini diproduksi di pabrik Daimler di Spanyol dan dibekali mesin diesel OM457LA dengan turbo intercooler 11.967 CC yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 310 Kw (atau 422 HP) pada 2.000 RPM dan torsi puncak 1.900 Nm pada 1.100 RPM.

Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari Mercedes-Benz seperti fitur pengereman full air dengan disc brake, Electronic Stability Program (ESP) yang mencegah bus selip di jalan, EBS danABS (antilock Breaking System. Bus ini juga dilengkapi dengan brake retarder untuk pengereman yang sangat pakem plus ASR. 

Suspensi depan menggunakan tipe independen dan seluruh kaki-kakinya dilengkapi dengan suspensi udara untuk kenyamanan maksimal pengemudi dan penumpang. Bu Mercedes-Benz OC500RF 2542 milik PT SAN Putra dirakit dengan bodi buatan Karoseri Laksana model Legacy Sky SR2 XHD Prime Limited Edition.

Penulis: Choirul Arifin

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved