Sama-sama SUV 7-Seater, Ini Perbedaan Nissan X-Trail dan Nissan Terra

“X-Trail pakai bodi monokok, sasisnya menyatu dengan kabin. Sementara Terra pakai ladder frame, sasisnya terpisah dengan kabin,” ujar Ohsugi

Penulis: Brian Priambudi
Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS.COM/Fajar
SUV terbaru All New Nissan Terra 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Beberapa hari lalu, Nissan meluncurkan Terra, mobil SUV berkapasitas 7 penumpang yang akan menjadi pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

Nissan sendiri sudah memikiki mobil SUV berkapasitas 7 penumpang sebelumnya yakni Nissan X-Trail.

Menurut General Manager Research & Development PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Masayuki Ohsugi, mengatakan perbedaan paling mendasar pada kedua produk tersebut terdapat pada spesifikasinya.

“X-Trail pakai bodi monokok, sasisnya menyatu dengan kabin. Sementara Terra pakai ladder frame, sasisnya terpisah dengan kabin,” ujar Ohsugi saat diwawancara media, Rabu (8/8/2018).

Ohsugi juga menjelaskan perbedaan paling jelas terdapat pada mesin penggerak kedua mobil tersebut, Nissan Terra menggunakan mesin diesel sedangkan X-Trail menggu akan mesin bensin.

Baca: Rincian Harga Pre-Booking SUV Terbaru Nissan Terra

Ohsugi menegaskan walaupun menggunakan sasis ladder frame, Nissan Terra tidak akan kalah nyaman dibandingkan X-Trail yang menggunakan sasis monokok.

“Ladder frame punya sasis yang terpisah dengan bodi, meski demikian di antara itu ditambahkan cabin mounting yang bertujuan untuk meredam vibrasi yang diterima sasis. Jadi impact ke penumpang tidak terlalu besar, lebih lebih comfort dan bisa mendekati kenyamanan sasis tipe monokok,” ujar Ohsugi.

Senada dengan pernyataan Ohsugi, Head of Product Communication NMI Hana Maharanj menyatakan pasar kedua mobil SUV Nissan tersebut memiliki segmen yang berbeda.

“Konsumennya juga beda, X-Trail lebih ke city SUV. Kalau Terra lebih fleksibel, kapabel untuk dalam dan luar kota, biasanya untuk konsumen yang senang berpergian bersama keluar kota,” ujarnya.

Hana pun yakin perbedaan segmen tersebut Terra tidak akan merebut pasar dari X-Trail itu sendiri.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved