GIIAS 2018

Gaikindo Bocorkan Rencana Mobil Buatan Rusia Masuk Indonesia Tahun Depan

Setelah dua produsen otomotif dari China, Wuling dan DFSK (Sokon), tahun depan pasar otomotif Indonesia akan kedatangan merek baru lagi.

Gaikindo Bocorkan Rencana Mobil Buatan Rusia Masuk Indonesia Tahun Depan
TRIBUN/HO
Model memamerkan interior DFSK Glory 580 di GIIAS 2018, di ICE-BSD, Banten, Selasa (7/8/2018). DFSK menghadirkan 7-seats City SUV Glory 580 dengan design yang atraktif, interior yang elegan, fitur yang melimpah hingga teknologi mutakhir. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Setelah dua produsen otomotif dari China, Wuling dan DFSK (Sokon), tahun depan pasar otomotif Indonesia akan kedatangan merek baru lagi.

Ini bakal menambah seru persaingan di dalam negeri. Ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi, pada saat seremoni penutupan pameran GIIAS 2018, Sabtu (10/8/2018).

“Terkait brand mobil baru tahun ini belum ada belum jelas. Tahun depan masih ada potensi. Saya sudah dengar,” ujar Nangoi.

Nangoi mengungkapkan, asal negara dari merek tersebut ada yang dari China dan Rusia. Namun dirinya masih belum mengetahui apakah produsen kendaraan tersebut, akan membawa investasi ke dalam negeri atau tidak.

Baca: Lahir Tanggal 17 Agustus Berhak Bikin SIM Gratis di Kantor Polisi

“Saya tidak tahu karena data-datanya tidak saya pegang. Kita harapkan ada investasi masuk. Info invetasi juga ada dari merek lainnya,” ucap Nangoi.

Menanyakan hal ini kepada pihak Kementerian Perindustrian melalui Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE, dirinya menyebut belum mengetahuinya.

"Kami belum tahu, mungkin baru menjajaki ke Gaikindo, belum ke Kemenperin," ujar Putu.

Memang, Indonesia menyimpan potensi besar pasar kendaraan roda empat, lantaran rasio kepemlikan yang masih di angka 87 mobil per 1.000 orang.

Padahal populasi penduduknya mencapai 260 juta. Di wilayah ASEAN lain rasio kepemilikan mobil paling tinggi ada di Brunei, 711 mobil per 1000. Sementara Malaysia 439, Thailand 228, Singapura 145, Filipina 38, dan Vietnam 23.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Merek Baru Asal China dan Rusia Masuk Indonesia di 2019" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved