Ekspor Mobil Toyota Capai 1 Juta Unit, Jokowi Berniat Temui Bos Toyota di Jepang

Presiden Jokowi menceritakan ihwal pertemuannya dengan President TMC Akio Toyoda di Jepang, tiga tahun lalu.

Ekspor Mobil Toyota Capai 1 Juta Unit, Jokowi Berniat Temui Bos Toyota di Jepang
TRIBUNNEWS.COM/SYAHRIZAL
Presiden Jokowi tinjau capaian ekspor Toyota 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPresiden Joko Widodo hari ini meresmikan pencapaian ekspor 1 juta unit kendaraan utuh (CBU) PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini (5/9/2018) di Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam acara tersebut turut dihadiri tiga menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto beserta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menceritakan ihwal pertemuannya dengan President TMC Akio Toyoda di Jepang, tiga tahun lalu.

“Beliau menyampaikan akan meningkatkan investasi di Indonesia, saya tanya berapa, beliau jawab dilihat saja. Tadi saya dapat laporan dari Pak Warih, dalam 2,5 tahun ini investasinya telah mencapai Rp 22,75 triliun ini jumlah yang besar. Sehingga satu tahun, tahun ini bisa merealisasikan 217 ribu kendaraan yang bisa diekspor,” kata Jokowi.

Baca: Diganjar Bonus Rp 1,5 Miliar, Jonatan Christie Berencana Beli Mobil?

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menggarisbawahi dan berkali-kali sering disampaikan mengenai dua hal yang dilakukan untuk perbaikan ekonomi dalam negeri adalah dengan menggenjot ekspor dan investasi.

“Ini dua-duanya kena. PT Toyota Motor ini dua-duanya kena. Ada investasi dan ada ekspornya dua-duanya kena. Saya kejar terus, saya nanti ke Jepang mau ketemu lagi dengan Toyota. Pertama ucapkan terima kasih, kedua saya ingin tambah lagi, kita tidak mau kalah dengan Thailand. Ga mau,” tutur Jokowi.

Secara kumulatif, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota telah mencapai angka lebih dari 1 juta unit sejak kegiatan pengapalan perdana.

“Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif,” ungkap Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved