Kenali Berbagai Kelebihan MPV Berpenggerak Roda Belakang

Mobil dengan penggerak roda belakang menggunakan komponen gardan yang menyalurkan tenaga ke roda belakang dari transmisi dihubungkan oleh kopel.

Kenali Berbagai Kelebihan MPV Berpenggerak Roda Belakang
AXIC/DODI SUNDAWA
Aktivitas touring komunitas Toyota Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di Indonesia, mobil multi purpose vehicle (MPV) tetap jadi pilihan favorit masyarakat. Karakter konsumen di Indonesia yang gemar bepergian bersama-sama serta membawa barang bawaan yang tidak sedikit membuat MPV mampu mengakomodir semua kebutuhan tadi.  

Tak heran jika banyak pabrikan otomotif kemudian beramai-ramai menggarap segmen ini. Di pasaran, saat ini produsen menawarkan dua tipe pilihan MPV: berpenggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) dan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Mobil dengan penggerak roda belakang menggunakan komponen gardan yang menyalurkan tenaga ke roda belakang dari transmisi dihubungkan oleh kopel.

Mobil dengan penggerak roda belakang dinilai memiliki daya tahan yang lebih baik ketimbang penggerak roda depan. "Kenyamanan berkendara dengan RWD tentu lebih baik, terutama sangat dirasakan saat melintasi jalanan tidak mulus, seperti medan yang banyak tanjakan dan berlubang," ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manageri PT Toyota-Astra Motor.

"Mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih tahan banting, khususnya untuk melibas jalan yang tidak rata atau berlubang," imbuh Soerjo dalam perbincangan dengan Tribunnews, baru-baru ini.

Power steering pada mobil RWD umumnya lebih enteng. Ini karena roda depan hanya mengarahkan kiri atau kanan saja sehingga memudahkan untuk melakukan manuver saat menghindar dari rintangan.

Baca: Otomoto: Aplikasi Baru untuk Kebutuhan Bikers, dari Urusan Bengkel Sampai Pinjaman Tunai

Kelebihan mobil RWD lainnya, radius putarnya juga lebih kecil karena arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan.

"Dengan begitu, mobil lebih mudah menaklukkan tikungan tajam atau melakukan sudut parkir yang sulit tanpa banyak gerakan maju mundur," jelas Soerjo.

Soerjo mengatakan, berbagai kelebihan itu membuat MPV seperti Toyota Avanza dengan penggerak RWD menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Semua kelebihan ini dikombinasikan dengan ground clearance yang tinggi, membuat bagian bawah mobil tidak mudah terbentur benda keras di bawahnya saat melaju di jalan dengan permukaan bergelombang.

Avanza tercatat memiliki ground clearance 200 cm, wheelbase 2655 mm dan radius putar 4,7 meter dengan didukung bodi semi chassis sehingga lebih nyaman karena menyerap getaran lebih baik.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved